Home » , » Indahnya Bunga Sakura di Kota Waingapu, Sumba Timur

Indahnya Bunga Sakura di Kota Waingapu, Sumba Timur

Siapa yang tak kenal bunga sakura? Bunga sakura yang identik dengan negeri Jepang memang sangat terkenal karena keindahannya, bahkan di negara asalnya yaitu Jepang, bunga sakura menjadi bunga nasional, dan jika berpadu dengan salju menghasilkan keindahan yang menyejukkan mata. Bunga sakura sendiri mekar pada musim semi di Jepang, yaitu antara awal April hingga akhir bulan April.

Pohon Sakura adalah pohon yang tergolong dalam familia Rosaceae dalam genus Prunus yang satu genus dengan pohom persik atau aprikot. Sakura berasal dari kata “Saku” yang dalam bahasa Jepang artinya “mekar” yang ditambah akhiran “ra” untuk menyatakan bentuk jamak. Bagi orang Jepang, sakura adalah simbol penting yang sering diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan.


Bunga sakura memiliki banyak jenis, dan tahukah Anda bahwa bunga sakura tidak hanya ada di negeri Jepang saja, karena di Sumba pun ternyata ada bunga sakura yang berbunga pada musim atau bulan tertentu. Mau tahu keunikan bunga sakura di Sumba? Simak terus artikel ini yaa..

Pohon Sakura Tumbuh di Sumba

Walaupun asalnya dari Jepang yang bermusim empat, namun ternyata bunga sakura hidup di Sumba yang cuacanya panas. Awalnya saya kaget dan baru menyadari bahwa itu adalah pohon sakura ketika pohon tersebut berbunga. Pohon tersebut tumbuh di halaman sekolah SMP N 3 Waingapu yang bersebelahan dengan SMK N 2 Waingapu tempat saya mengajar. Ini dia penampakan pohon sakura ketika sedang berbunga, sangat indah sekali.

Gambar Pohon Sakura di Halaman SMP N 3 Waingapu

Kapan Pohon Sakura Berbunga?

Pohon sakura di Sumba ini berbunga pada musim panas, bahkan ketika panas sedang puncak-puncaknya, yaitu sekitar bulan Oktober. Pohon sakura hanya berbunga 1 atau 2 bulan saja. Ketika berbunga, nampak putih ke jinggaan mewarnai pohon tersebut, berpadu dengan cahaya matahari yang terik, membuat bunga sakura semakin indah.



Tidak hanya di halaman sekolah saja, pohon sakura di Sumba juga tumbuh di jalan dekat pantai, dan saya rasa mungkin masih banyak bunga sakura lain yang tumbuh di Sumba, hanya kurang terekspos saja. Jadi, tak perlu pergi jauh-jauh ke Jepang untuk melihat bunga sakura bermekaran. Datang saja ke Sumba dan Anda dapat berfoto selfie sepuasnya dengan rindangnya pohon sakura.

0 komentar:

Posting Komentar