Home » , » Inilah Manfaat Mengikuti Upacara Bendera di Sekolah

Inilah Manfaat Mengikuti Upacara Bendera di Sekolah

Kegiatan upacara bendera di sekolah yang biasanya dilaksanakan setiap hari senin seringkali dihindari oleh para siswa lantaran kegiatan upacara bendera sangat membosankan terlebih harus panas-panasan di lapangan. Namun ternyata kegiatan rutin tersebut memiliki manfaat dan dapat berdampak positif bagi siswa. Penasaran kan apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari upacara bendera di sekolah? Berikut ini ulasannya.


Penghormatan Kepada Para Pahlawan

Kegiatan seremonial berupa upacara bendera dilaksanakan memang bertujuan agar kita tidak melupakan para pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekakan Negara Indonesia. Oleh karena itu dalam upacara bendera ada doa untuk para pahlawan
.
Pengarahan rutin Setiap Pekan

Manfaat upacara bendera tidak hanya sebagai seremonial penghormatan kepada para pahlawan saja namun juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan pengarahan rutin setiap minggu kepada siswa maupun juga kepada para guru. Misalnya untuk persiapan ujian akhir semester, pembina upacara bisa menyampaikan itu di awal pekan pada hari senin di upacara bendera.


Menumbuhkan Kepemimpinan Siswa

Manfaat lainnya dari mengikuti upacara bendera di sekolah secara rutin adalah dapat mengembangkan softskill kepemimpinan bagi para siswa misalnya bagi siswa yang bertugas menjadi pemimpin upacara, pemimpin barisan upacara, maupun petugas upacara yang lainnya. Dan oleh karena itu petugas upacara bendera agar digilir kepada semua siswa di sekolah tersebut agar semua siswa mendapatkan kesempatan menjadi petugas upacara bendera untuk bersama-sama menumbuhkan kepemimpinan dalam diri siswa.

Menumbuhkan Cinta Tanah Air

Upacara bendera di sekolah yang rutin dilaksanakan setiap hari senin merupakan salah satu kegiatan wajib yang bertujuan untuk menumbuhkan nilai kebangsaan, kebhinekaan dan cinta tanah air dalam gerakan Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) dan ini sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. PBP ini adalah kegiatan non kurikuler di sekolah yang memiliki tujuan untuk menciptakan iklim sekolah yang menyenangkan untuk seluruh warga sekolah serta menumbuhkan budi pekerti anak bangsa.



Dalam kegiatan upacara bendera ada prosesi pengibaran sang merah putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia sehingga dengan itu dapat menumbuhkan cinta tanah air.

Melestarikan Lagu Daerah Masing-Masing

Dalam upacara bendera di sekolah biasanya diisi juga dengan menyanyikan lagu daerah dan ini bertujuan untuk melestarikan lagu daerah masing-masing. Hal ini juga didukung oleh Mendikbud bahwa pihak sekolah diberi kebebasan berinovasi dalam pelaksanaan upacara bendera tersebut agar lebih menarik dan siswa tidak bosan. Dan ini juga bertujuan untuk memberi ruang tentang model yang sesuai dengan daerahnya dalam pelaksanaan upacara bendera di sekolah asal sejalan dengan tujuan yang telah ditetapkan Kementerian.

Itulah beberapa manfaat  mengikuti upacara bendera di sekolah, bagaimana dengan sekolah Anda? Apakah rutin menyelenggarakan kegiatan upacara bendera atau tidak?

0 komentar:

Posting Komentar