Home » , » Keindahan Pantai Dermaga Lama Waingapu, Dari Tebing Hingga Pelabuhan

Keindahan Pantai Dermaga Lama Waingapu, Dari Tebing Hingga Pelabuhan

Pulau Sumba dikelilingi oleh lautan, sebagaimana pulau Jawa, sehingga memiliki garis pantai yang panjang. Di Kota Waingapu sendiri ada beberapa pantai yang menjadi tempat tujuan wisata, salah satunya adalah pantai Dermaga Lama. Pantai Dermaga Lama sebenarnya merupakan pelabuhan yang ramai, bersebelahan dengan Dermaga Awu yang menjadi gerbang masuk kapal. Keduanya sama-sama ramai, terlebih dermaga lama menjadi pusat jual beli hasil laut oleh nelayan, ada pasar ikan di sekitar dermaga tersebut.


Pantai Dermaga Lama terletak di pusat kota Waingapu, dari taman kota sekitar 5 menit jika ditempuh menggunakan sepeda motor. Kita bisa menikmati pantainya dari tebing atau turun ke pelabuhannya untuk melihat aktivitas nelayan maupun kapal-kapal penyeberangan. Pemandangan dari tebing sangat indah sekali dimana kita bisa melihat kapal-kapal kecil datang dan pergi ke Waingapu. Birunya air laut yang masih jernih diterpa cahaya matahari sungguh sangat memanjakan mata, namun sayangnya keindahan tempat ini belum begitu diekspos oleh pemerintah setempat dan belum disediakan area khusus untuk menikmatinya sebagaimana tempat-tempat wisata pada umumnya.


Dari Pantai Dermaga Lama juga terlihat Dermaga Awu yang letaknya di seberangnya, mungkin jaraknya sekitar 300 meter, jika naik ojek (sepeda motor) dari Dermaga Awu ke Dermaga Lama ini lumayan jauh karena harus memutar, sebenarnya ada jalan tercepat yaitu menyeberanginya dengan berenang jika kuat, haha. Antara kedua dermaga ini, kadang terdapat ikan lumba-lumba jika kita beruntung melihatnya, bahkan ikan paus juga ada. Rekan saya pernah melihatnya ketika memancing di dermaga ini.


Selain dari tebing, kita dapat menikmati keindahan Pantai Dermaga Lama dari pelabuhannya langsung, atau turun dari tebing. Beberapa nelayan terkadang akan menawari Anda ikan-ikan yang masih segar dari hasil tangkapannya. Selain itu kapal-kapal bersandar juga turut menghiasi pantai ini. Jika datang waktu sholat tak perlu khawatir karena Pantai Dermaga Lama berdekatan dengan Masjid, bahkan jika kondisi tidak memungkinkan seperti hujan, kita bisa sholat di dalam kapal karena kebanyakan nelayan di sini muslim, bahkan ada yang pendatang dari Jawa.


Jika Anda sudah puas berkeliling pantai dan dermaga, sebelum pulang jangan lupa membeli oleh-oleh dengan membeli ikan, cumi atau apapun yang Anda inginkan, harganya? Murah.. di Sumba tangkapan ikannya melimpah, tak heran dimana-mana yang jual makanan pasti lauknya ikan. Belum pernah saya mendapati penjual nasi di Waingapu yang lauknya adalah tempe, pasti ikan.

Yah demikan dulu cerita tentang keindahan pantai dermaga lama waingapu, dari tebing hingga pelabuhan, jika Anda berkunjung ke Waingapu, jangan lupa mampir ke pantai dermaga lama ini yaa..

0 komentar:

Posting Komentar