Home » , » Latihan Berkuda, Olahraga Ala Sumba

Latihan Berkuda, Olahraga Ala Sumba

Pernahkah Anda menunggangi kuda? Tanpa gerobak alias andhong seperti di Jogja, tapi langsung menunggangi kudanya. Olahraga berkuda ternyata membutuhkan keterampilan dan fokus tinggi juga, selain itu penunggang kuda harus bisa mengontrol sang kuda. Bahkan dari pengalaman kawan saya yang diajak berkuda oleh teman guru (si pemilik kuda), sang kuda yang ditunggangi kawan saya hanya mau nurut dengan pemilik kuda tersebut dan bukan penunggangnya, sehingga kedekatan emosi sangat dibutuhkan untuk menjadi penunggang kuda yang tangguh.


Adalah suatu kebanggaan di Sumba, jika kudanya memenangkan lomba balap kuda yang rutin dilaksanakan empat kali dalam satu tahun. Jika kuda tersebut menang maka harga kudanya akan meroket. Agar kuda berhasil menjadi juara tentunya harus dilatih sejak dini, bahkan selain latihan kuda yang akan digunakan untuk balapan pun biasanya diperlakukan istimewa, misalnya mendapatkan suplemen khusus tiap minggu yang harganya ratusan ribu, makannya pun bukan sembarang rumput, tapi ada brem, bahkan ada yang dipijat secara rutin yang diimbangi dengan latihan rutin.


Latihan rutin yang diberikan kepada kuda balap bermacam-macam, biasanya sang kuda dibawa jalan-jalan berkeliling pantai, lapangan, atau jalan raya dengan tidak ditunggangi melainkan dituntun.  Ada juga yang dilatih langsung di lapangan preliu (tempat diselenggarakannya balapan kuda di Waingapu) dengan joki (penunggang kuda) yang masih anak-anak. Kuda di Sumba yang saya lihat selalu dinaiki anak kecil dan bukan orang dewasa, entah karena eman-eman atau bagaimana. Dan anehnya jika pemilik kuda tidak memiliki joki sendiri maka ia harus menyewa joki dengan membayar sesuai permintaan, anak kecil (seusia SD) pun pandai tawar menawar harga.


Kuda diberi latihan dengan lari mengelilingi lapangan, dan dikondisikan seperti pada saat lomba balap kuda, misalnya starnya kuda, rute larinya, dan sebagainya. Yah walaupun saya belum berkesempatan menunggangi kuda dengan berlari kencang –hanya menunggangi kuda dan berjalan pelan, haha-

Itulah sedikit cerita tentang latihan berkuda, olahraga ala sumba, adakah diantara teman yang berminat atau ingin berkuda? 

0 komentar:

Posting Komentar