Home » , » Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sekolah, Bermanfaatkah?

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sekolah, Bermanfaatkah?

Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau yang biasa dikenal dengan istilah MGMP biasanya dilaksanakan pada saat libur semester atau menjelang libur semester dan tahun ajaran baru. Dimana dalam MGMP tersebut para guru beserta kepala sekolah dan jajarannya (wakil kepala sekolah) melakukan musyawarah atau rapat untuk membahas segala hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran pada semester atau tahun ajaran baru. Seperti misalnya membahas jumlah jam efektif belajar selama 1 tahun dan tiap semester, membahas jumlah jam belajar, membahas pembagian jam mengajar guru mata pelajaran, sampai dengan membahas perangkat pembelajaran seperti Kurikulum, Silabus, RPP, materi, dan pada akhirnya kepala sekolah mengeluarkan SK mengajar untuk semester tersebut. Semuanya di rapatkan bersama dengan guru mata pelajaran.


Pada akhir kegiatan MGMP biasanya guru mata pelajaran diminta oleh kepala sekolah untuk membuat laporan yang berisi silabus, rpp, penilaian, instrumen penilaian, dan kelengkapan pembelajaran lainnya. Sehingga ketika memasuki semester baru tahun ajaran baru secara administrasi guru telah siap untuk mengajar.


Dan foto di atas adalah suasana musyawarah guru mata pelajaran atau MGMP di SMK Negeri 2 Waingapu, Sumba Timur, NTT. Bisa dilihat sendirilah kondisi kelas kami disini. Ini adalah ruang kelas bukan bengkel. Lantai masih memakai tihel kalau saya menyebutnya. Belum keramik. Lalu ternit atau langit-langit bangunan sudah ada yang keropos. Memang dengan kondisi yang barangkali berbeda jauh dengan kondisi di sekolah-sekolah di Jawa apalagi kota besar. Meskipun begitu, kondisi ini tidak membuat guru-guru disini menyerah dan pasrah, kami tetap semangat rapat MGMP bahkan sampai jam 4 sore selama 3 hari. Demi kualitas dan terlaksananya proses pembelajaran di tahun ajaran baru yang lebih baik lagi.


Jadi itulah sedikit gambaran tentang apa itu MGMP, jadi untuk sobat calon guru dimanapun anda berada, hehe.. jangan bingung jika nanti ketika menjadi guru tahu-tahu ada MGMP. Yang penting kita siap untuk membuat perangkat pembelajaran dan administrasi guru. Dan kesimpulannya MGMP sangat bermanfaat bahkan perlu dilaksanakan tiap sekolah, karena dari kegiatan MGMP semua kegiatan pembelajaran di semester berikutnya direncanakan sedetail-detailnya. 

0 komentar:

Posting Komentar