Home » , » Pantai Dermaga Awu Waingapu, Pantai Berkarang Nan Mempesona

Pantai Dermaga Awu Waingapu, Pantai Berkarang Nan Mempesona

Pantai Dermaga Awu yang terletak di Kota Waingapu –Sumba Timur- ini dihiasi dengan karang-karang yang mempesona, letaknya sebenarnya agak jauh dari dermaga awu namun orang sini biasa menyebutnya pantai dermaga awu. Dari pusat kota sekitar 15 menit dengan ditempuh menggunakan ojek dengan biaya 5.000 rupiah. Sedangkan kami waktu itu kos di kampung baru untuk mencapai pantai ini hanya berjalan kaki sekitar 15 menit, lumayan jauh dan medannya naik turun. Warga asli sini bilang sekitar 50 meter dekat sa. Ternyata bagi saya mungkin sekitar 500 meter, hmm..


Sebenarnya lebih enak ditempuh dengan kaki walaupun harus rela berjalan kurang lebih 500 meter naik turun dari kos saya waktu itu, sebelum mencapai pantai dermaga awu ada pemandangan padang savana yang berisi hewan-hewan ternak seperti kuda, sapi, kerbau, dan kambing. Di Sumba Timur hewan ternak semacam itu sebenarnya banyak kita temukan di mana saja karena memang mayoritas masyarakat di Sumba Timur memiliki hewan ternak yang digunakan untuk acara adat ataupun acara-acara lainnya. Nah seperti pada gambar berikut ini, foto ini saya ambil ketika musim panas sehingga berwarna kecoklatan gersang khas Sumba, namun justru disitulah letak keindahannya. Terlihat lebih banyak kawanan kuda karena sapinya jauh dan tidak kelihatan di foto. Tanah lapang ini milik seorang raja (bangsawan) di tempat tersebut yang sekaligus pemilik kos yang saya tempati dan sekaligus kepala sekolah tempat saya mengajar.


Setelah kita melihat padang savana disepanjang jalan menuju pantai dermaga awu banyak sekali kambing-kambing berkeliaran bebas dan aman tidak ada yang mencuri, itulah indahnya Sumba.
Sesampainya di Pantai Dermaga Awu yang kita dapati adalah pantai dengan karang-karang menghiasi bibir pantai, dan sepi. Yaa, sepi dan jarang orang mengunjungi tempat ini, mungkin karena belum banyak yang tau sisi lain pantai ini yang begitu indah. Kita juga tidak akan mendapati tempat duduk ataupun sejenisnya karena tempat di mana saya berdiri mengambil foto ini pun berupa karang-karang yang lancip.


Dari pantai ini kita bisa menikmati kapal-kapal atau sampan para nelayan yang sedang mencari rejeki dengan menebar jala, berharap ikan-ikan masuk perangkap jala. Kemudian jika kita beruntung kita dapat melihat ikan lumba-lumba, ya karna di Sumba ini alamnya masih begitu alami, kawan saya bahkan pernah melihatnya ketika sedang mancing. Selain itu ada buaya laut yang konon katanya adalah buaya yang berasal dari Australia, yap buaya Australia dari penangkaran yang kemudian lepas sempat membuat heboh dan memang nyata adanya. Saya sendiri sempat heran karena biasanya buaya hidup di air tawar semisal di sungai atau rawa-rawa, namun ternyata ada buaya air asin yang berkeliaran di sekitar pantai.

Baik demikianlah cerita wisata ke pantai dermaga awu, pantai berkarang nan mempesona. Kalau Anda berkunjung ke Sumba Timur, sempatkanlah berkunjung ke sini yaa. 

0 komentar:

Posting Komentar