Home » , » Satu-Satunya Sekolah yang Memiliki Mesin EFI di Sumba Timur

Satu-Satunya Sekolah yang Memiliki Mesin EFI di Sumba Timur

Alhamdulillah.. ketika akhirnya pemerintah membantu fasilitas sekolah berupa alat-alat praktik untuk bengkel jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Salah satu alat yang didapatkan adalah mesin EFI (Electronic Fuel Injection). Yang mana ini adalah satu-satunya SMK yang memiliki mesin EFI di daerah Sumba Timur, NTT.


Mesin EFI ini menjadi hal yang baru di sekolah sehingga ketika mesin EFI ini datang, banyak guru yang belum faham bagaimana cara kerjanya, disamping itu guru-guru asli disini belum pernah mempelajari mesin EFI. Maka saya yang lulusan FT UNY dipaksa untuk melatih guru-guru bagaimana cara kerja dan cara mendemonstrasikan mesin EFI sekaligus alatnya yaitu scanner EFI.


Sebenarnya mudah saja menggunakan scanner EFI dan juga mempelajari mesin EFI, mesin EFI menggunakan sensor-sensor pada mesin yang kemudian memberikan informasi kepada ECU (Electronic Control Unit), kemudian ECU atau otaknya mesin EFI lah yang bertugas mengontrol penginjeksian bahan bakar berdasarkan informasi dari sensor-sensor tersebut.

Sebagai barang baru di sini, memang belum dapat diajarkan langsung ke siswa, selain karena pengetahuan tentang EFI yang minim, juga karena belum masuk ke kurikulum tentang EFI di SMK ini. Tapi setidaknya para guru yang asli ini sedikit-sedikit sudah mempelajarinya.


Mesin EFI mungkin sudah hal yang biasa di SMK Jawa, tapi Sumba Timur, mesin EFI masih menjadi barang ya wah.. bahkan belum ada SMK yang mempelajari mesin EFI. Semoga SMK ini menjadi pelopor ke depannya. 

0 komentar:

Posting Komentar