Home » , » Sosialiasi Tata Tertib Siswa di SMK N 2 Waingapu

Sosialiasi Tata Tertib Siswa di SMK N 2 Waingapu

Untuk mengatur kehidupuan manusia, pasti diperlukan suatu aturan atau tata tertib. Dan tidak cuma di industri saja, di dunia pendidikan pun ada tata tertib yang harus dipatuhi. Misalnya tata tertib untuk guru dan pegawai, tata tertib untuk siswa.  Kenapa harus ada tata tertib? Tata tertib akan menjadi dasar hukum bagi siswa atau guru dalam menjalankan tugasnya di sekolah itu.


Di sekolah kami sebelumnya belum ada tata tertib, sehingga ketika guru hendak menindak siswa yang melakukan kesalahan seperti terlambat datang sekolah, membolos, tidak mengerjakan tugas, berkelahi, dan sebagainya tidak dapat dihukum dengan jelas karena landasan hukumnya pun belum ada yakni tata tertib. Oleh karena itu dibuatlah tata tertib yang kemudian disosialisasikan kepada siswa, orangtua siswa lalu di tandatangani oleh perwakilan orangtua siswa, kepala sekolah, dan ketua komite sekolah.


Sebagai gambaran tentang potret sekolah di daerah Sumba Timur- NTT, saya sertakan foto-foto kondisi sekolah kami, secara fisik bangunan mungkin kalah jauh dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang ada di Jawa yang mana bangunannya sudah bagus. Namun mudah-mudahan dengan adanya tata tertib ini iklim pendidikan di sekolah kami akan menjadi lebih baik lagi dan menambah semangat serta motivasi belajar. Walaupun masih ada banyak kekurangan yang perlu diperbaiki.


Sekolah-sekolah dengan kondisi seperti inilah yang layak untuk kita jadikan sebagai tempat mengabdi, karena kita akan belajar bagaimana caranya membangun dan membangun, membangun kedisiplinan, membangun pola pendidikan yang baik, dan banyak lagi yang mungkin tidak bisa didapatkan di sekolah-sekolah yang sudah maju. Ibarat merubah gurun pasir sepi menjadi taman kota bergedung tinggi. Engkau akan dituntut untuk bekerja keras.

Begitulah...

0 komentar:

Posting Komentar