Home » , » Tutorial Cara Mengetahui Keaslian Foto dan Tanggal Foto di Ambil, Untuk Mewaspadai Berita Hoax

Tutorial Cara Mengetahui Keaslian Foto dan Tanggal Foto di Ambil, Untuk Mewaspadai Berita Hoax

Akhir-akhir ini banyak sekali berita-berita hoax yang dibungkus dalam sebuah foto untuk mendukung berita hoax tersebut. Dan sayangnya banyak masyarakat kita yang mudah percaya begitu saja dengan berita yang belum tentu kebenarannya. Berita-berita tersebut dibuat oleh orang yang tidak bertanggungjawab, kemudian disebarluaskan oleh orang-orang yang asal ikut-ikutan share, karena mereka yakin akan kebenaran berita tersebut terlebih jika didukungdengan foto yang sesuai dengan isi berita tersebut. Padahal kelak semua itu akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah.

Padahal sebagai muslim, ada tata cara dalam menerima informasi berita yaitu dengan mengecek terlebih dahulu atau tabayun terlebih dahulu, untuk mengklarifikasi apakah berita tersebut benar atau tidak kepada yang bersangkutan secara langsung. Yang kedua jika berita tersebut benar namun tidak memberi manfaat jika dishare atau dibagikan ke khalayak masyarakat, maka cukuplah kita saja yang mengetahui berita tersebut.

Langkah untuk menghentikan berita tersebut terus beredar mungkin salah satunya adalah dengan memberitahu kepada pemberi berita di sosial media bahwa berita tersebut benar/hoax (yang kemudian kita menasehatinya secara individu). Jika berita tersebut dibungkus dengan suatu gambar atau foto, maka alangkah baiknya kita teliti foto tersebut apakah benar adanya atau editan. Kemudian yang tidak kalah penting adalah kita harus mengetahui kapan tanggal foto tersebut diambil. Karena banyak sekali akhir-akhir ini beredar suatu berita yang ada fotonya, setelah dicek ternyata foto lama dan berita tersebut hoax. Nah lalu bagaimana cara mengetahui foto tersebut asli atau palsu? Dan bagaimana cara mengetahui kapan tanggal foto tersebut diambil?

Di artikel ini admin akan membagikan tutorial mudah cara mengetahui keaslian foto dan mengetahui tanggal foto diambil dengan software gratis. Software yang dimaksud adalah JPEGsnoop. JPEGsnoop adalah sebuah aplikasi yang bisa mendeteksi sebuah foto apakah foto tersebut hasil manipulasi atau foto asli. JPEGsnoop juga bisa mendeteksi bermacam-macam setting kamera digital dan dapat membandingkan sebuah foto dengan banyak parameter kompresi.

Fitur JPEGsnoop

Dengan aplikasi JPEGsnoop ini akan di dapatkan informasi diantaranya tentang quantization table matrix, perkiraan kualitas JPEG, tanggal foto diambil, jenis kamera yang digunakan untuk mengambil foto tersebut, editan foto, dan sebagainya.

Cara Mengetahui Keaslian Foto dan Tanggal Foto Diambi

Baik langsung kita praktekkan saja caranya, di sini saya anggap anda sudah memiliki aplikasi JPEGsnoop. jika belum maka silahkan anda dapat download aplikasi JPEGsnoop di sini. Langkah pertama buka aplikasi JPEGsnoop, kemudian open image untuk membuka file foto yang akan kita analisis.


Pilih foto yang akan anda cek keaslian atau tanggal pengambilan fotonya, kemudian klik Open, maka akan muncul beberapa kode keterangan foto tersebut. Seperti ini tampilannya:


Setelah itu cari kode “EXIF IFD0 @ Absolute” caranya tinggal tekan ctrl+f dan masukkan kode tersebut. Setelah ketemu mari kita analisis foto yang akan kita ketahui keaslian dan tanggalnya. Berikut ini kode foto yang saya analisis

Datanya seperti ini:
EXIF IFD0 @ Absolute 0x00000026Dir Length = 0x0007[Orientation                         ] = 1 = Row 0: top, Col 0: left[Software                            ] = "Microsoft Windows Photo Viewer 6.1.7600.16385"[DateTime                            ] = "2016:11:13 21:53:30"[Artist                              ] = "Muryo Setyo"[ExifOffset                          ] = @ 0x08BC
[XPAuthor                            ] = "Muryo Setyo"Offset to Next IFD = 0x00000000 EXIF SubIFD @ Absolute 0x000008DADir Length = 0x0005[DateTimeOriginal                    ] = "2016:11:13 21:52:16"[DateTimeDigitized                   ] = "2016:11:13 21:52:16"[SubSecTimeOriginal                  ] = "11"[SubSecTimeDigitized                 ] = "11"

Membaca Kode Hasil Aplikasi JPEGsnoop

Setelah kita mendapatkan kodenya, maka kini saatnya kita menjadi pakar telematika. Dari data di atas kita dapat mengetahui apakah foto tersebut asli atau editan, kemudian tanggal foto diambil dan bahkan nama authornya jika ada.


Dari data di atas terlihat bahwa software yang digunakan untuk mengedit adalah microsoft windows photo viewer dengan nama pembuat adalah Muryo Setyo. Waktu pembuatan foto tersebut adalah tanggal 13-11-2016 atau 13 november 2016.  Nah jadi jangan terkecoh ketika foto tersebut saya gunakan kembali untuk sebuah berita pada tahun 2020 misalnya. Dengan aplikasi ini maka anda dapat menyimpulkan di tanggal 2020 bahwa foto tersebut hoax karena foto lama yang digunakan kembali.


Nah baik mungkin cukup sampai disini dulu tutorial  cara mengetahui keaslian foto dan tanggal foto di ambil, untuk mewaspadai berita hoax, silahkan di sebakan artikel ini agar masyarkat semakin cerdas dalam menerima informasi atau berita, dan mengecek terlebih dahulu kebearan dari berita atau foto. Semoga bermanfaat. Cara Mengetahui Keaslian Foto dan Tanggal Foto di Ambil, Untuk Mewaspadai Berita Hoax.

0 komentar:

Posting Komentar