Home » , » Cara Mengulang Judul Kolom Excel Agar Selalu Tercetak Di Setiap Halaman

Cara Mengulang Judul Kolom Excel Agar Selalu Tercetak Di Setiap Halaman

Cara mengulang kolom judul pada microsoft excel agar selalu muncul pada setiap halaman, mungkin itu maksud judul artikel saya kali ini, jadi awalnya saya bingung dengan file excel saya yang hendak saya cetak atau print, sebab data di excel tersebut memiliki judul kolom yang harus tampil terus di semua halaman. Nah awalnya saya sempat berpikir jika kolomnya di ketik berulang-ulang pada setiap halaman kan tentu akan terlalu banyak dan formatnya akan menjadi berantakan. Dari situlah kemudian saya mencari tahu bagaimana caranya mengulang kolom judul pada excel agar dapat tampil secara otomatis di semua halaman yang ingin di cetak atau di print.

Dari pada kita mengetik ulang  judul kolom tersebut maka mendingan kita gunakan fasilitas pada microsoft excel yang memang sudah disediakan untuk membuat judul kolom tampil otomatis pada setiap halaman yang di print. Baik langsung saja kita mulai tutorialnya.

Pertama-tama baca bismillah terlebih dahulu, terus buka aplikasi microsoft excel pada komputer atau laptop anda, jika laptopnya milik orang lain jangan lupa minta ijin terlebih dahulu, hihi. Oke jika sudah silahkan ketikkan data yang berkolom atau apapun yang memiliki kolom judul yang ingin di tampilkan terus pada setiap halaman. Karena kita akan membuat kolom judul tersebut tampil pada semua halaman cetak maka kita harus membuat data yang banyak atau panjang, misalnya kolom tabelnya banyak, paham kan maksud saya? Agar lebih mudah memahami maksud saya silahkan lihat gambar berikut ini:


Jika anda sudah membuat atau sudah memiliki file excel yang memiliki isi tulisan atau kolom yang banyak dan memiliki judul kolom, maka langkah selanjutnya adalah persiapan cetak atau print data tersebut dan judul kolom harus tampil pada semua halaman cetak. Selanjutnya klik pada Page Layout dan pilih atau klik Print Titles. Perhatikan gambar berikut ini jika bingung:


Setelah terbuka Page Setup kemudian klik Sheet. Kemudian perhatian Rows to repeat at top dan Colomns to repeat at left. Perhatikan kembali gambar berikut ini:


Sekarang silahkan klik bagian Rows to repeat at top, lalu pilih kolom judul yang ingin anda tampilkan pada semua halaman cetak, gunakan kursor untuk memilih area kolom judul excel anda. Sudah? Biar tidak bingung perhatikan gambar berikut ini:


Setelah selesai sekarang anda menuju ke bagian Colomns to repeat at left, klik bagian tersebut dan pilih area semua kolom yang ingin anda cetak atau print, gunakan kursor juga untuk memilih area kolom yang ingin anda cetak atau print. Perhatikan gambar berikut ini:


Jika sudah klik OK, namun untuk meyakinkan kembali silahkan klik Print Preview terlebih dahulu. Jika sudah betul maka file anda siap di print atau di cetak dan tralalala kolom judul tampil dan muncul otomatis pada setiap halaman yang anda cetak.

Mudah bukan? Jika gagal coba lagi dari awal, semoga artikel tentang cara mengulang judul kolom excel agar selalu tercetak di setiap halaman bermanfaat. Silahkan dishare untuk berbagi ilmu. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar