Home » » Keindahan Pantai Jungwok Gunung Kidul Khas Pantai Bali

Keindahan Pantai Jungwok Gunung Kidul Khas Pantai Bali

Pantai Jungwok adalah pantai yang berada di pesisir Gunung Kidul, tepatnya berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Pantai Jungwok adalah salah satu pantai dari beberapa pantai indah lainnya yang ada di Gunung Kidul, nah pantai Jungwok ini berdekatan dengan pantai Wediombo yang jaraknya sekitar 500 meter. Memang pantai yang ada di Gunung Kidul itu sangat banyak dan hampir semuanya akan membuat anda terpesona, salah satunya pantai Sepanjang yang beberapa hari kemarin kami kunjungi.

Jujur saja, Saya tahu adanya pantai Jungwok pun dari IG yang kami kita pantai itu ada di luar Jawa, dan ternyata ada di Yogyakarta tepatnya Gunung Kidul, jadi untuk mengobati rasa penasaran akhirnya kami mengunjunginya. Kami berangkat dari rumah yang berlokasi di Piyungan sejak pagi ba’da shubuh sekitar jam 4.15 pagi. Melewati jalan Wonosari yang masih berkabut tebal, jadi jika anda berangkat pagi-pagi sekali ke Gunung Kidul Saya sarankan untuk berhati-hati karena jalannya yang naik turun berkelok-kelok kemudian berkabut tebal. Namun tenang saja, perjuangan lelahnya menuju pantai Jungwok akan terobati ketika anda telah sampai di lokasi.

Gambar Pantai Jungwok

Ada Apa di Pantai Jungwok?
Keindahan Pantai Jungwok akan menghipnotis mata anda, bagaimana tidak di pantai Jungwok ini alamnya benar-benar masih alami. Pantai Jungwok memiliki ciri khas tersendiri yaitu garis pantainya yang melengkung dan pasirnya yang putih lembut. Selain itu di pantai Jungwok ada watu kopi. Apa itu watu kopi? Jadi watu kopi itu adalah bukit yang letaknya agak menjorok ke tengah pantai. Selain pasir putih, di pantai Jungwok terdapat banyak karang dan bebatuan yang masih sangat-sangat bersih, sehingga saking alami dan bersihnya anda dapat melihat ikan-ikan kecil, lobster, kepiting, keong, bintang laut, dan hewan-hewan laut kecil lain yang Saya tidak tahu namanya. Itu bisa anda lihat langsung dengan mata telanjang dan tanpa menyelam loh, tapi itu jika ombak sedang surut. Sedangkan jika ombak sedang pasang maka “mohon bersabar ini ujian”.

Gambar Watu Kopi Pantai Jungwok

Diantara hal yang sangat Saya sukai adalah kondisi alam di pantai Jungwok yang benar-benar masih alami, maklum mungkin pantai ini jarang di akses masyarakat. Namun Saya tetap berharap agar pantai Jungwok ini tetap alami dan bersih. So, bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai Jungwok ini tunjukkan etikanya ya sebagai bangsa beradab, jangan mengotori pantai atau mencorat-coret karang, kita jaga bersama keindahan pantai ini, Oke?

Gambar Terumbu Karang di Pantai Jungwok

Di pantai Jungwok ini anda dapat menikmati kehidupan hewan kecil air laut tadi yang berenang kesana kemari. Tapi ingat, jangan di rusak ya ekosistemnya. Jika anda hobi memancing maka ada tebing yang sangat cocok untuk memancing, namun harus hati-hati dan mancinglah dengan sopan jangan memakai setrum atau bom.

Di pantai Jungwok ini juga ada semacam pintu Gua, tapi sebenarnya itu bukan Gua, ia seperti bukit karang yang terdapat pintu, namun di situ terdapat tulisan untuk berhati-hati dan jangan berenang. Konon katanya warga setempat, sudah ada yang meninggal karena diterjang ombak. Jadi hati-hati yaa.

Gambar Mulut Gua di Pantai Jungwok

Bagaimana Akses Ke Pantai Jungwok?
Jika anda sedang berada di Jogja, maka anda akan menyesal kalau tidak mampir ke pantai Jungwok ini, pantai Jungwok ini seperti pantai-paantai di Bali, indaaaah. Jika anda tertarik untuk ke pantai Jungwok ini, maka anda dapat menempuhnya melalui jalan Wonosari. Dari pusat kota Yogyakarta jaraknya sekitar 90 km dan melalui jalan Wonosari, jalan Tepus, Jepitu, dan Pantai Jungwok. Namun perlu anda perhatikan, akses ke pantai Jungwok ini cukup membingungkan, jika anda sudah menemukan tikungan arah pantai Wediombo dan pantai Jungwok, ikuti jalannya sampai ada persimpanagan jalan. Persimpangannya tidak terlalu besar jadi harus jeli melihatnya, karena kalau tidak bisa bablas sampai pantai Wediombo seperti yang Saya alami. Di persimpangan tersebut anda harus belok kiri. Jalannya belum di aspal dan jika musim hujan harus bersabar karena sulit medannya, bisa kepleset sepeda motornya. Di sana nanti ada tempat parkir semacam gubug-gubug kecil. Lalu anda harus jalan kaki sekitar 200 meter ke pantainya.

Gambar Akses ke Pantai Jungwok yang Berdekatan dengan Pantai Wediombo

Berapa duit bayar Masuk ke Pantai Jungwok?
Tenang saja, akses ke pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul itu murah, dengan tiket 10.000 perorang anda sudah dapat menikmati beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul, namun beda Desa nanti ada tiket masuk lagi. Hanaya 10.000 perorang anda sudah bisa menikmati keindahan alam pantai yang mempesona. Jika anda lapat di pantai Jungwok juga ada warung-warung makan yang akan melepas dahaga dan lapar anda.

Itulah perjalanan kami ke pantai Jungwok Gunung Kidul. Dan tak lupa untuk terus berdzikir karena keindahan alam tersebut adalah hasil ciptaan-Nya. Semoga Allah memberkahi negeri kita ini yang indah.

0 komentar:

Posting Komentar