Home » » Keindahan Pantai Sepanjang di Gunung Kidul Yogyakarta

Keindahan Pantai Sepanjang di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai sepanjang adalah salah satu pantai yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai sepanjang berjejeran dengan beberapa pantai lain yang jaraknya tidak begitu jauh, seperti pantai kukup, pantai sanglen, pantai watu kodok, pantai drini, dan lain-lain. Jarak antar pantai tersebut sekitar 1 sampai dengan 8 kilometer. Daerah pesisir di Gunung Kidul memang terkenal memiliki pantai-pantai yang eksotis seperti halnya di pulau Bali. Menurut saya yang paling istimewa dari pantai Sepanjang ini adalah pantainya yang berpasir putih dan terdapat terumbu karang dan perbukitan yang sangat indah.

Berawal dari instagram, si istri melihat pesona pantai pasir putih yang terletak di Gunung Kidul, namanya pantai Sepanjang, waktu itu langsung saja searching di google maps, dari peta google maps terlihat jaraknya dari tempat tinggal kami (piyungan) memang lumayan jauh. Jika ditempuh dengan perjalanan motor memakan waktu kurang lebih 2 jam. Jadi agar kita bisa menikmati pantai ini maka dari tempat tinggal harus berangkat sekitar ba’da shubuh, sekitar jam 4.30 pagi. Padahal waktu sepagi itu tentu kabut di sepanjang jalan wonosari masih tebal.

Gambar Pantai Sepanjang

Pantai sepanjang ini letak persisnya ada di daerah Tanjungsari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Pantai-pantai lainnya disekitar pantai Sepanjang pun tidak kalah bagusnya dengan pantai Sepanjang ini, ada yang berpasir coklat/hitam seperti biasanya dan ada yang berpasir putih sama seperti pantai Sepanjang. Jika anda berada di pusat Kota Jogja maka untuk ke pantai Sepanjang ini dapat ditempuh sekitar 2,5 sampai 3 jam.

Pantai Sepanjang ini unik, dan banyak yang bilang bahwa pantai Sepanjang ini mirip dengan pantai Kuta di Bali. Oleh karena itu masyarakat sekitar menyebutnya dengan pantai Kuta tempo dulu di Yogyakarta, hal ini karena suasana di pantai Sepanjang sangat mirip dengan pantai Kuta Bali. Jika pantai Kuta Bali sudah terkenal bahkan hingga mancanegara, namun pantai Sepanjang ini masih jarang diketahui keindahannya karena memang lokasinya yang sangat jauh dari kota dan akses menuju pantai Sepanjang berkelok-kelok.

Asal Usul Nama Pantai Sepanjang
Setiap nama memiliki cerita, maka begitu pula dengan nama pantai Sepanjang ini yang tidak serta merta muncul begitu saja. Ada asal usul nama pantai Sepanjang ini, menurut sumber masyarakat bahwa nama pantai sepanjang ini dikarenakan keadaan relief pada pantai ini menggambarkan garis bibir pantai yang sangat panjang, bahkan di klaim bahwa pantai Sepanjang memiliki garis bibir pantai yang terpanjang diantara pantai-pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul.

Apa Saja Keindahan yang Ada di Pandai Sepanjang?
Keindahan pantai Sepanjang akan memanjakan mata anda, karena di pantai ini pasirnya putih, ada bukit dan juga karang-karang, bahkan jika ombak sedang surut maka anda akan melihat keindahan batu karang yang masih alami. Ombak yang ada di pantai Sepanjang ini pun tidak terlalu besar. Sepanjang mata memandang, anda akan melihat air laut yang berwarna biru bersih, karena di pantai Sepanjang ini belum banyak di jamah manusia serta masih bebas sampah. Kita tentu terus berharap agar pantai Sepanjang –dan juga pantai-pantai yang lain- terjaga kebersihannya.

Pantai Sepanjang Berpasir Putih

Di pantai Sepanjang ada gubug-gubug yang bisa anda gunakan untuk tempat istirahat menikmati keindahan pantai ditemani es kelapa muda. Selain itu biota laut juga banyak kita temui di pantai ini seperti ikan kecil, bintang laut, bulu babi, ganggang laut, dan kerang-kerangan. Keindahan-keindahan pantai yang anda temui di Pantai Sepanjang ini sangat cocok untuk selfie dan tamasya bersama keluarga anda.

Karang dan Bebatuan yang Alami

Akses ke Pantai Sepanjang Lewat Mana?
Jika anda berada di pusat kota misalnya di Malioboro, maka untuk ke pantai Sepanjang anda harus menuju arah jalan wonosari atau cari jalan ring road, anda dapat bertanya pada warga. Kemudian jika sudah berada di jalan wonosari tinggal anda ikuti arah ke Wonosari, melewati jalan Siluk Panggang, kemudian lurus ke arah tenggara sampai ke jalan Pantai Selatan Jawa. Jika sudah sampai di jalan Pantai Selatan Jawa tanya saja pada warga, karena pantai-pantai di sini sangat banyak sekali.



Harga tiket masuk ke pantai di kawasan Gunung Kidul ini tergantung kecamatannya, namun rata-rata di patok harga 10.000 per orang, hanya dengan 10.000 anda dapat menyusuri beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul ini, jadi sangat murah bukan? Untuk parkir biasanya antara 2000 untuk sepeda motor dan 5000 untuk mobil.   

0 komentar:

Posting Komentar