Home » » Cara dan Biaya Perpanjangan STNK dan Plat Nomor TNKB di Bantul

Cara dan Biaya Perpanjangan STNK dan Plat Nomor TNKB di Bantul


Kebetulan akhir bulan april kemarin saya mengurus perpanjangan STNK dan plat nomor kendaraan di Bantul. STNK kependekan dari surat tanda nomor kendaraan sendiri wajib dimiliki setiap pengendara, sedangkan TNKB atau tanda nomor kendaraan bermotor atau yang biasa kita sebut dengan plat nomer atau nopol nomer polisi adalah plat alumunium berisi nomer dan kode yang berfungsi sebagai tanda kendaraan bermotor di indonesia dan telah didaftarkan pada kantor bersama samsat.

Stnk sendiri berlaku 1 tahun dan setiap tahun harus diperpanjang. Sedangkan TNKB atau plat nomer kendaraan berlaku selama 5 tahun dan wajib diperpanjang juga setiap lima tahun. Jika tidak diperpanjang gimana? Tentu itu sebuah pelanggaran dan akan dikenai sangsi atau tilang ketika ada pemeriksaan kendaraan oleh polisi.

Oke langsung saja kita bahas bagaimana cara mengurus perpanjang STNK dan TNKB? 

Sekedar sampel dan contoh, saya mengurus di bantul (untuk daerah lain mungkin sama lah syarat dan biayanya). Pertama karena yang mau kita urus itu ada STNK dan TNKB maka harus ke kantor samsat langsung, kebetulan di bantul kantor untuk pajak kendaraan sudah terpisah dengan polres (dulu di belakang polres tepat) tapi sekarang kantornya baru warna orange sebelum polres bantul.

Kalau hanya mengurus perpanjangan STNK maka bisa dilakukan di bank BPD DIY, jika yang diperpanjang plat nomer maka harus ke kantor samsat atau pajak kendaraan.

Sampai sana kita ambil nomer antrian yang letaknya sebelum pengecekan fisik. saya sarankan datangnya pagi sekali (lebih awal) karena antrinya super sekali. Setelah ambil nomer antrian langsung kendaraan kita bawa di pengecekan fisik, kita antri di atas motor yang akan dicek. Setelah kendaraan atau motor kita selesai di cek fisik langsung kita parkir dan menuju gedung untuk membayar biaya cek fisik kendaraan. oya sebelum cek fisik kendaraan pastikan tidak ada modifikasi berlebih pada kendaraan yang akan dicek fisiknya, karena pasti akan langsung diminta untuk diperbaiki dulu sesuai standar pabrikan.


Kita bawa kertas hasil pemeriksaan fisik tadi ke loket yang telah disediakan, kemudian kita diberi formulir untuk di isi, setelah di isi diserahkan ke bagian pembayaran, kemudian kita dipanggil untuk pembayaran cek fisik.



Setelah selesai membayar biaya cek fisik, kita langsung menuju gedung sebelahnya lantai 2 untuk membayar pajak 5 tahunan dan pajak 1 tahunan (STNK) karena habisnya barengan. Di lantai 2 ini luas banget gedungnya. Kita ambil lagi nomer antrian dan menuju ke ruang tunggu untuk pembayaran pajak. Antrinya sangat lama, tapi ruangnya ber ac dan nyaman, selain itu ada tempat khusus bermain anak juga sehingga kalau anda membawa balita bisa sambil main di tempat main (kayak saya) hihi


Selesai dipanggil dan bayar kita antri dulu untuk ambil STNK terbarunya, kemudian jika sudah diterima STNK terbarunya, langsung turun lagi ke gedung pertama disamping pengecekan fisik untuk mengambil plat nomornya dengan menyerahkan bukti pembayaran. Tidak sampai 30 menit kita terima plat nomornya dan selesai lah.. eits tapi sebelum pulang cek dulu nomor di plat nomornya apakah benar atau tidak. Dan.. mengurus sendiri perpanjang STNK dan TNKB sangat mudah dan murah.

Lalu berapa biaya pengurusan perpanjangan STNK dan TNKB 2019?
Untuk biaya perpanjangan STNK dan TNKB plat nomor kendaraan sepeda motor beat saya habis sekitar 200 ribu, murah kok.
Berikut ini daftar biaya perpanjangan pajak STNK dan TNKB tahun 2019 yang saya foto di banner kantor pajak kendaraan bantul.


Sekian artikel tentang Cara dan Biaya Perpanjangan STNK dan Plat Nomor TNKB di Bantul semoga bermanfaat. silahkan dishare yaa

0 komentar:

Posting Komentar