Home » , » Cara Membuat QR Code di Laptop PC dan Android

Cara Membuat QR Code di Laptop PC dan Android


Pernah kah sobat melihat sebuah kode gambar berbentuk persegi yang dapat discan? Itulah QR kode. QR code (Quick Response) Code adalah sebuah kode matriks dua dimensi yang merupakan pengembangan dari kode batang satu dimensi. QR code dapat menyimpan data lebih banyak dan besar dibandingkan dengan kode batang. Jika kode batang kita sering melihatnya di kemasan-kemasan makanan atau produk yang dijual di minimarket, dengan kode batang itu petugas kasir hanya perlu men-scan kode batangnya kemudian nama dan harga produk tersebut dapat langsung tampil di komputer. QR code sama seperti kode batang hanya saja data yang disimpan QR code bisa lebih banyak dan responnya juga cepat.

QR code dikembangkan oleh sebuah perusahaan Jepang yang bernama Denso Wave Corporation. QR code dipublikasikan pertama kali pada tahun 1994. Fungsi dari QR code awalnya adalah untuk pelacakan kendaraan pada manufaktur atau perakitan. Selanjutnya penggunaan QR code semakin luas untuk memudahkan dan mempercepat aktivitas orang.

Apa Manfaat QR code?

Banyak sekali manfaat dari QR kode, karena QR code dapat menyimpan data yang besar, maka seorang marketing dapat menggunakan QR code untuk mempromosikan produknya, misalnya dengan menscan QR code maka deskripsi produk suatu barang dapat ditampilkan melalui website yang tersimpan di dalam QR code tersebut. Pendek kata, kita dapat menyimpan informasi baik itu link website, data produk, daftar presensi, dan lainnya ke dalam QR code tersebut.

Nah anda sudah tahu apa itu QR code dan manfaatnya, lalu bagaimana cara membuat QR code di laptop? Dan apakah bisa membuat QR code di hp android? Sangat bisa.. mari kita bahas satu persatu.

Cara membuat QR Code di Laptop atau PC

Untuk membuat QR code di laptop kita dapat membuatnya secara online. Ada banyak situs yang menyediakan layanan untuk membuat QR code yang bernama QR code Generator. Di antara QR code generator tersebut adalah Visualead, QR Stuff, Kaywa, GOQR.me.
Langkah pertama adalah tentukan mana yang akan anda pilih dari ke 4 QR code generator diatas. Disini saya memberi contoh membuat QR Stuff dengan menggunakan QR stuff. Masuk ke alamat QRStuff.com. kemudian masukkan tipe data yang ingin dibuat di QR code apakah itu sebuah link website, pdf file, drobox, dan lainnya. Silahkan klik salah satu.

Saya memilih link website, sehingga ketika QR code nanti discan maka layar hp anda akan diarahkan langsung ke website saya.


Langkah kedua adalah isi konten, karena saya memilih link website maka langkah kedua adalah masukkan link yang mau dibuat QR codenya.


Langkah ketiga adalah pilih warna QR code, silahkan pilih warna sesuai keinginanmu. Umumnya QR code berwarna hitam, namun anda dapat memilih warna lain.


Langkah keempat adalah unduh atau download hasil QR code mu, bisa juga via email. Tapi langsung download saja. Jika sudah di download silahkan dibuka QR code yang telah anda buat tadi. Selamat anda telah membuat QR code dengan mudah!


Langkah terakhir jika anda sudah membuat QR code adalah mengetes hasil QR code anda, caranya adalah dengan menggunakan hp android, instal aplikasi QR code reader & scanner, atau aplikasi lain yang fungsinya untuk membaca QR code. Biasanya di hp android juga ada aplikasi bawaan untuk membaca QR code.
Hasil QR Code yang saya buat

Itu adalah cara membuat QR Code di laptop atau PC, mudah kan? Nah sekarang bagaimana cara membuat QR Code di android?

Cara membuat QR Code di Android

Cara lain untuk membuat QR Code adalah melalui android, anda tidak perlu repot membuka laptop dan mengoneksikannya. Di android anda tinggal instal saja aplikasi QR Code Generator.

Langkah pertama adalah masuk ke dalam aplikasi QR Code generator, kemudian pilih tipe QR Code yang ingin dibuat apakah URL, text, email dll sama seperti langkah pertama pada mambuat QR Code di laptop.

Langkah kedua yaitu masukkan link URL nya dan klik Generate.


Setelah klik generate maka QR Code akan muncul dan silahkan disave. Kemudian cek keberhasilan QR Code yang sudah anda buat di android tadi dengan aplikasi QR Code reader.


Nah sobat, itulah cara membuat QR Code di laptop atau PC dan juga di android, bagaimana? Mudah bukan? Yuk praktekkan, silahkan komentar di kolom komentar jika berhasil.
Terimakasih sudah membaca artikel tentang cara membuat QR code di laptop pc dan android. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar