Home » , » Cara Menggunakan Aplikasi FastStone Capture Untuk Merekam Layar Laptop PC

Cara Menggunakan Aplikasi FastStone Capture Untuk Merekam Layar Laptop PC

Cara menggunakan aplikasi faststone capture untuk merekam layar laptop atau PC – selamat pagi sobat, semoga walaupun masih di bulan puasa tidak menghalangi kita untuk berkarya dimana saja. Baik sesuai judul di atas, kita akan membahas bagaimana cara menggunakan aplikasi FastStone versi portable. Sebelumnya kita perlu tahu dulu apa itu aplikasi FastStone?

Aplikasi FastStone adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk merekam layar laptop atau layar PC kita, sehingga apapun yang tampil di layar laptop kita itulah yang akan terekam dan menjadi video. Biasanya aplikasi FastStone digunakan untuk membuat tutorial-tutorial yang menampilkan langsung layar laptop, misal: tutorial desain coreldraw, tutorial desain photoshop. Dengan menampilkan video tutorial tersebut akan memudahkan orang lain dalam belajar.

Nah sobat tertarik menggunakan aplikasi FastStone untuk tutorial? Jika belum punya aplikasinya tenang saja karena admin sudah menyiapkannya di sini, silahkan di download di sini. Aplikasi FastStone yang saya share tersebut adalah versi portable, versi portable memiliki keuntungan yaitu tidak perlu menginstal sehingga memori laptop tidak terbebani instalan baru.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi FastStone versi portable?

Jika anda sudah mendownload aplikasinya, silahkan buka file rar. nya (untuk anda yang mendownload di hp jangan langsung dibuka ya, karena itu aplikasi untuk laptop atau PC bukan untuk hp android. Kalau aplikasi perekam layar hp android ada sendiri silahkan cari di playstore).


Setelah dibuka, klik aplikasinya di dalam folder FastStone Capture V9.0, kemudian klik saja dan tunggu hingga aplikasi terbuka. Aplikasinya bernama “FastStone Capute.exe

Setelah muncul tampilan aplikasi dari FastStone, klik “Screen Recorder” dengan icon bergambar film

Kemudian muncul tampilan screen recorder. Klik “Record” titik warna merah


Kemudian akan muncul dua buah garis di cursore mouse kita, arahkan saja di pojok layar laptop dan kemudian klik kanan, kemudian muncul lagi dua buah garis di cursor mouse kemudian arahkan di pojok layar laptop bawah. Intinya dua buah garis ini adalah pilihan layar kita yang akan direkam, semakin besar kita mensetting layar laptop maka layar laptop yang terekam semakin besar / full screen. Paham ora? Hehe

Jika sudah mensetting ukuran layar yang akan direkam, langkah berikutnya tinggal klik “Start” sehingga layar akan merekam (ada tampilan detik menit jam atau waktu). Silahkan mulai rekaman sesuai tujuan anda merekam layar laptop anda)


tampilan saat perekaman, jika mau mengakhiri merekam klik kotak warna hitam di pojok kanan sepeerti pada gambar berikut


Jika sudah selesai klik kotak warna merah, kemudian akan muncul tampilan apakah anda akan menyimpan (save), resume (lanjut merekam), atau batal simpan (discard).


Selesai deh.. bagaiamana? Bingung tidak?

Coba dulu saja gih... mudah kok.. jika ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini.. terimakasih sudah berkunjung di blog saya. Demikianlah artikel tentang cara menggunakan aplikasi faststone capture untuk merekam layar laptop atau PC semoga bermanfaat

1 komentar:

  1. Bagus dan saya paham. Cuma problem with shortcut di laptop saya. Sehingga jika ingin merekam layar harus selalu instal dulu. Bagaimana yah?

    BalasHapus