Home » , » Cara Mudah Membuat dan Menggunakan Google Classroom Untuk Siswa

Cara Mudah Membuat dan Menggunakan Google Classroom Untuk Siswa

Siswa jaman now tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone, penggunaan smartphone bisa berdampak positif dan negatif tergantung bagaimana orangtua atau kita sebagai guru mengarahkan mereka dalam menggunakan smartphone. Di sekolah smartphone bisa kita manfaatkan untuk media pembelajaran. Semua kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru bisa kita masukkan ke dalam Google Classroom. Nah selengkapnya tentang Google Classroom silahkan baca artikel tentang apa itu google classroom.


Dari pada smartphone itu digunakan untuk game online, sosmed, maka alangkah baiknya smartphone itu kita gunakan untuk media belajar melalui aplikasi Google Classroom. Untuk menggunakan Google Classroom langkah pertama adalah menginstal aplikasi Google Classroom di palystore atau membuka link website classroom.google.com

Mendaftar Google Classroom Sebagai Siswa

Setelah memiliki aplikasi classroom di smartphone atau membuka link websitenya, silahkan daftar akun google classroom menggunakan akun google. Usahakan akun google yang akan dipakai untuk google classroom menggunakan nama asli (bukan nama palsu apalagi alamat palsu), kenapa? Karena akun ini untuk siswa (anda sebagai siswa) dan itu akan memudahkan guru untuk melihat akun anda sesuai dengan identitas anda.


Setelah mendaftar atau login, anda akan masuk ke dalam google classroom. Silahkan klik tanda + di pojok kanan atas.



Ada 2 pilihan yaitu gabung ke kelas atau buat kelas. Karena anda akan login sebagi siswa maka silahkan klik gabung ke kelas. Dan akan muncul minta kode kelas. Nah kode ini silahkan anda tanya ke guru yang membuat google classroom. Setelah mendapat kodenya silahkan masukkan kode tersebut dan klik gabung.



Silahkan masukkan kode kelas dan klik gabung


Setelah gabung anda akan memiliki tampilan kelas baru sesuai dengan nama kelas yang anda gabung. Di bagian atas ada tugas kelas yang berisi tugas-tugas yang diisi oleh guru anda. Kemdian dibagian orang ada daftar nama siswa dan guru. Pastikan semua teman-teman anda telah masuk ke dalam kelas tersebut.


Bagaiman tampilan di hp android? Sama saja, jadi tidak perlu bingung.

Ketika semua guru membuat classroom maka siswa akan memiliki classroom sebanyak mata pelajaran pada semester itu. Jangan bingung karena tiap kelas ada deskripsi namanya. Dan yang penting adalah selalu komunikasi dengan guru anda.

Silahkan eksplore dan nimati terlebih dahulu google classroom anda, mudah sekali. Bagaimana? Bisa? Yuuk komentar di kolom bawah ini untuk sharing-sharing. Terimakasih telah berkunjung di artikel cara mudah membuat dan menggunakan google classroom untuk siswa. Semoga bermanfaat dan silahkan dishare jika bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar