Home » , » Cara Mudah Membuat dan Menggunakan Google Classroom Untuk Guru

Cara Mudah Membuat dan Menggunakan Google Classroom Untuk Guru

Pembelajaran berbasis online saat ini banyak diminati guru, karena terbukti dapat mengefektifkan kegaitan belajar mengajar dan juga demi meningkatkan pengetahuan IT siswa kita guna menghadapi era industri 4.0. salah satu pembelajaran berbasis online adalah dengan menggunakan Google classroom. Sayangnya tidak semua guru tahu apa itu Google classroom dan cara menggunakannya. Tapi tidak untuk sobat pembaca artikel blog ini, karena sebentar lagi panjenengan akan tahu bagaimana cara menggunakan Google classroom untuk guru.


Bagi sobat yang belum tahu apa itu Google classroom silahkan mampir dulu di artikel cara membuat pembelajaran online dengan Google classroom. Nah sekarang mari kita coba menggunakan Google classroom untuk guru.

Mendaftar Google Classroom Sebagai Guru

Cara pertama adalah dengan mendownload aplikasi Google classroom di smartphone anda, atau jika sobat menggunakan laptop atau PC maka kunjungi classroom.google.com atau ketikkan di google “google classroom” dan login dengan menggunakan akun google anda.


Setelah isikan email dan password, maka selamat anda sudah mempunyai akun Google classroom. Selanjutnya klik tanda panah di atas sebelah kanan.


login dengan gmail atau akun google



Ada 2 pilihan, gabung kelas dan buat kelas. Gabung kelas fungsinya untuk bergabung ke kelas orang lain (ini untuk siswa). Sedangkan kita sebagai guru berarti pilih buat kelas. Klik buat kelas.


Centang saja dan klik lanjutkan


Kemudian isikan detail kelas anda, nama adalah nama jurusan misal TBSM, atau IPA IPS, dan lain-lain. Untuk bagian isikan kelasnya misal kelas XI, mata pelajaran isikan mapel yang anda ampu. Ruang isikan ruang kelas misal TBSM 1, atau IPA 1, IPA 2, sehingga maksud dari ruang kelas yang saya buat ini adalah Mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor untuk kelas XI TBSM 1, nanti untuk kelas XI TBSM 2 tinggal saya ganti angka 1 menjadi 1, dan seterusnya. Paham ya?


Next, selamat anda sudah membuat classroom. Di bagian pojok kiri atas ada kode kelas. Kode kelas ini fungsinya untuk link siswa anda agar siswa anda bisa gabung ke kelas yang telah anda buat. Nanti kode kelas ini dibagikan ke siswa dan siswa diminta gabung ke kelas anda dengan cara memasukkan kode kelas ini di akun Google classroom mereka. Setiap kelas memiliki kode kelas yang berbeda. Jadi catat jangan sampai salah memberi kode kelas.


Pada bagian atas ada forum, tugas kelas, orang. Di bagian orang ada daftar guru dan siswa. Jika di mapel tersebut menggunakan team teaching maka silahkan tambahkan guru. Untuk siswa silahkan bisa tambahkan siswa melalui undangan via email atau dengan cara memberi kode kelas ke mereka.


Untuk tugas kelas silahkan buat tugas atau presentasi sesuai dengan apa yang telah anda rencanakan.


Baik untuk selebihnya silahkan explore sendiri isi Google classroom ini, gampang kok. Mudah kan cara membuat dan menggunakan Google classroom? Silahkan komentar untuk bertanya dan sharing-sharing. Terimakasih telah membaca artikel saya tentang cara mudah membuat dan menggunakan google classroom untuk guru semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar