Home » , » Workshop Virtual Coordinator Training VCT Batch 4

Workshop Virtual Coordinator Training VCT Batch 4

Workshop virtual coordinator training (VCT) batch 4 Jawa Tengah dan DIY adalah workshop tentang virtual training menggunakan aplikasi webex, tentang apa itu webex dan bagaimana cara menggunakannya sobat bisa baca pada postingan saya sebelum ini tentang webex siscoWorkshop virtual coordinator training batch 4 sendiri dilaksanakan pada bulan mei dan juni 2019.


Kegiatan virtual coordinator training diawali dengan pembukaan di gedung telkom pusat kota yogyakarta, kegiatannya berupa pengenalan apa itu webex, barcode, shortlink, dan penugasan-penugasan selama pelatihan virtual coordinator training. Kegaitan workshop virtual coordinator training dilaksanakan secara bergilir, ada 4 tugas yang harus dilakukan oleh peserta agar lulus workshop.

Pertama menjadi peserta seminar secara online melalui aplikasi webex sebanyak 6 kali, kita harus hadir di seminar yang dilakukan peserta lain dengan bukti mengisi presensi kehadiran yang dishare oleh petugas seminar. Selain menjadi peserta seminar webex sebanyak 6 kali kita juga harus menjadi petugas seminar online webex dengan rincian menjadi presenter, host, dan moderator.

Kedua adalah menjadi petugas seminar online yaitu sebagai presenter sebanyak 2 kali, kita mempresentasikan materi (materinya terserah apa saja) dengan durasi minimal 30 menit. Sebagai presenter kita harus membuat flyer atau pamflet yang kemudian kita sebar di grup vct agar diikuti para peserta lain.

Ketiga adalah menjadi petugas seminar online webex sebagai host sebanyak 2 kali, kita sebagai host bertugas membuka jalannya seminar, mengenalkan moderator dan presenter kepada para peserta. Membuat room webex online (cara membuat room bisa sobat pelajari di artikel saya sebelumnya). kemudian tugas lain dari host yaitu menutup jalannya seminar ketika moderator sudah menyelesaikan tugasnya.

Keempat adalah menjadi petugas seminar online webex sebagai moderator sebanyak 2 kali. Moderator bertugas memandu jalannya seminar, mengenalkan presenter kepada para peserta. Kemudian membuat presensi online menggunakan google form dan menshare formulir online nya kepada para peserta seminar online webex di chating, lalu menulis pertanyaan dari para peserta atau memberi kesempatan kepada peserta untuk bertanya, selain itu moderator juga betugas memberi kesimpulan materi presenter atau mempersilahkan presenter untuk menyimpulkan sendiri materinya, serta menutup presentasi dan menyerahkan kembali forum kepada host.

Jadi total tugas yang harus dikerjakan peserta virtual coordinator training batch 4 ini adalah sebagai berikut: menjadi peserta 6 kali, menjadi presenter 2 kali, menjadi host 2 kali, menjadi moderator 2 kali, dengan bukti berupa presensi, slide powerpoint, flyer, dan video rekaman screen selama seminar kita (menjadi presenter) yang diunggah di youtube.

Nah oleh karena semua tugas yang saya kerjakan sudah selesai, maka pada kesempatan ini akan saya share tugas-tugas yang telah saya buat di sini sebagai bukti dan barangkali ada peserta lain yang membutuhkannya. Silahkan file ini bisa diunduh.

1. presensi sebagai presenter pertama dengan tema membuat blog untuk media pembelajaran (hari jum’at, tanggal 24 mei 2019 sesi malam) bisa diunduhdi sini. Sedangkan flyernya bisa diunduh di sini
2. presensi sebagai presenter kedua dengan tema membuat google classroom untuk pembelajaran siswa (hari selasa, tanggal 28 mei 2019 sesi 3) bisa diunduh di sini. Sedangkan flyernya bisa diunduh di sini
3. presensi sebagai host pertama (hari selasa, tanggal 28 mei 2019 sesi 2 b) bisa diunduh di sini. Sedangkan flyernya bisa diunduh di sini
4. presensi sebagai host kedua (hari rabu, tanggal 29 mei 2019 sesi 4 b) bisa diunduh di sini. Sedangkan flyernya bisa diunduh di sini
5. presensi sebagai moderator pertama (hari selasa, tanggal 28 mei 2019 sesi 1 b) bisa diunduh di sini. Sedangkan flyernya bisa diunduh di sini
6. presensi sebagai moderator kedua (hari rabu, tanggal 29 mei 2019 sesi 3 b) bisa diunduh di sini. Sedangkan flyernya bisa diunduh di sini
Itulah tugas yang saya buat, untuk link youtubenya saat menjadi presenter pertama bisa dilihat di sini, dan sebagai presenter kedua bisa dilihat di sini.

Rincian tim kecil petugas seminar yang saya ikuti.

1. jum’at, 24 mei 2019
presenter
Muryo Setyo, S.Pd., Gr.
moderator
Semiono Raharjo, S.Pd., M.Pd.Si
host
Purwanti Setyawati, S.Pd

2, Selasa, 28 mei 2019 sesi 1
presenter
Sri Indah Mawarn, S.Pd
moderator
Muryo Setyo, S.Pd., Gr.
host
Rahmat Saleh Hasibuan

3. Selasa, 28 mei 2019 sesi 2
presenter
Arif Haryanto, S.Pd.Jas
moderator
Atik Nurhasanah, S.Pd
host
Muryo Setyo, S.Pd., Gr.

4. Selasa, 28 mei 2019 sesi 3
presenter
Muryo Setyo, S.Pd., Gr.
moderator
Tuti Sulismi, S.Pd., M.Pd.
host
Sri Sulastri, S.Pd.SD

5. Rabu, 29 mei 2019 sesi 3
presenter
Arif Haryanto, S.Pd.Jas
moderator
Muryo Setyo, S.Pd., Gr.
host
Tuti Sulismi, S.Pd., M.Pd.

6. Rabu, 29 mei 2019 sesi 4
presenter
Tuti Sulismi, S.Pd., M.Pd.
moderator
Mavitra Ellanvihara, S.Si
host
Muryo Setyo, S.Pd., Gr.

Baik itulah sedikit gambaran tentang workshop virtual coordinator training batch 4 yang saya ikuti, semoga bermanfaat dan jika anda tertarik juga untuk mengikuti workshop virtual coordinator training berikutnya bisa hubungi saya terimakasih semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar