Home » , » Pendaftaran Workshop Virtual Coordinator Training ( VCT ) Batch 5 DIY – Jawa Tengah

Pendaftaran Workshop Virtual Coordinator Training ( VCT ) Batch 5 DIY – Jawa Tengah

Virtual coordinator training atau VCT adalah sebuah workshop yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) yang bekerjasama dengan SEAMEO dan SEAMOLEC. Workshop atau pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru di era digitalisasi yang saat ini kita kenal dengan era revolusi industri 4.0.

Era revolusi industri 4.0 membawa perubahan yang sangat besar, sebagai contoh di dunia industri, saat ini sudah banyak industri yang menggunakan robot dalam pengoperasiannya yang semuanya terintegrasi dengan internet, segala data semuanya tersimpan dalam cloud sehingga hasil pekerjaannya dan produksinya menjadi lebih optimal.
Di dunia transportasi juga terjadi perkembangan akibat revolusi industri 4.0, sebuah perusahaan yang tidak memiliki kendaraan bisa menjadi perusahaan transportasi terbesar. Hanya dengan sekali dua kali klik kita bisa bepergian ke mana saja.

Dunia pendidikan tidak bisa lepas juga dari pengaruh revolusi industri 4.0 di mana nanti siswa dapat belajar dari mana saja dan kapan saja, maka guru sebagai ujung tombak dunia pendidikan mau tidak mau harus siap menghadapi era ini, tidak pandang apakah ia guru dari kota atau desa, guru berusia muda atau tua, semua harus siap dengan perubahan yang akan terjadi di dunia pendidikan.


Salah satu upaya pemerintah dalam hal ini Kemendikbud untuk menyiapkan guru masa depan tersebut adalah dengan menyelenggarakan workshop atau pelatihan Virtual coordinator training atau VCT. Di dalam pelatihan VCT para peserta (guru maupun non guru) akan diajarkan cara membuat pembelajaran jarak jauh atau berbasis online menggunakan aplikasi webex. Pelatihan ini sifatnya online alias daring. Di awal peserta akan dikumpulkan untuk koordinasi dan pengenalan awal workshop, selanjutnya akan diberi tugas hingga selesainya workshop ini secara online atau daring.

Gambar gembiranya adalah.. bahwa workshop VCT batch 5 telah di buka!!
So, untuk kalian para guru masa depan, ayo ikuti workshop VCT batch 5 DIY – Jawa Tengah!
Jangan ragu, usia bukan alasan untuk tidak mengikuti workshop ini.

Lalu apa saja materi yang di dapat dari workshop VCT batch 5 ini?

  1. Para peserta akan di ajarkan bagaimana cara membuat google form untuk membuat presensi online. Karena walaupun pembelajarannya melalui online, para guru pasti tetap harus melakukan presensi bukan? nah salah satu cara untuk mem-presensi siswa dalam pembelajaran secara daring yaitu dengan membuat presensi online dengan bantuan google form.
  2. Membuat flyer digital, flyer itu semacam pamflet. Tujuannya adalah untuk mempromosikan kelas online yang dibuat oleh peserta.
  3. Membuat kelas online dengan webex, para peserta akan diajari juga bagaimana cara mendaftar webex, menggunakan webex untuk kelas online, dan segala macam cara pengelolaan kelas online yang ada di webex.
  4. Para peserta juga akan diajari bagaimana cara merekam kelas onlinenya dengan bantuan aplikasi perekam di hp maupun di laptop, atau melalui aplikasi webex nya sendiri yang bisa digunakan untuk merekam.
  5. Membuat QR code untuk menyimpan informasi dan memudahkan peserta lain (cukup scan melalui hp maka informasi yang ada di QR code akan diterjemahkan oleh hp)
  6. Para peserta juga akan diajarkan bagaimana menjadi seorang host, moderator, dan pemateri di kelas online (forum online).
  7. Ketika peserta menghadiri forum kelas online dari peserta lainnya, otomatis akan mendapatkan ilmu yang dipaparkan oleh peserta lain di dalam forum tersebut.


Mantul kan? Jadi apa saja syaratnya untuk daftar di  workshop VCT batch 5 ini?

Syarat pendaftaran workshop VCT batch 5

  1. Mempunyai kemauan untuk belajar dan berbagi
  2. Memiliki laptop / tablet / hp android
  3. Ada jaringan internet


Cukup itu saja, iya, bayarnya berapa? GRATISSSSS... Apa? Gratiiiiiiisssss. Gampang kan? Semakin mantul deh. Yuk buruan ikut workshop VCT batch 5. Cara daftarnya gimana?
Masuk saja ke link di bawah ini, isikan datanya dan tunggu kabar berikutnya.



pendaftaran dibuka tanggal 11 - 25 juli 2019

Jika anda ingin berbagi informasi ini dan turut membantu para guru lainnya untuk mendapatkan informasi ini, jangan ragu untuk membagikan info ini dengan cara share artikel. Semoga kita sebagai para guru tidak tergerus oleh kemajuan teknologi dan justru kita lah para guru masa depan yang siap dan akan menjadi guru era 4.0. SEMANGAT!

0 komentar:

Posting Komentar