Home » » Kegiatan Pelatihan Dasar Atau Latsar Cpns Hari Pertama

Kegiatan Pelatihan Dasar Atau Latsar Cpns Hari Pertama


Alhamdulillah setelah menunggu berbulan-bulan tiba juga giliran saya untuk mengikuti Pelatihan Dasar CPNS atau Latsar CPNS 2019. Dari total 18 angkatan untuk Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY), saya mendapat giliran di angkatan ke 17 yang dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2019. Latsar CPNS diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan (bandiklat) DIY yang bertempat di Badan Pendidikan dan Pelatihan di daerah Gunungsempu, Kasihan, Bantul.


Jadi apa itu Latsar CPNS? Begini latar belakangnya, CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 tahun (dulu bisa sampai 2 tahun namun sekarang hanya 1 tahun) melalui proses diklat yang terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat profesioanlisme serta kompetensi bidang. Dahulu diklat latsar bernama diklat prajabatan kemudian nomenklatur diklat prajabatan diubah menjadi Pelatihan Dasar CPNS atau Latsar CPNS.  Sebelumnya pelatihan pembentukan CPNS dilakukan melalui diklat prajabatan dimana dalam penyelenggaraan pelatihan proses pembelajarannya di dominasi oleh ceramah atau klasikal sehingga dirasa sangat sulit membentuk karakter PNS yang kuat dan profesional.

Dulu ketika gagal dalam diklat prajabatan bisa mengulang tapi untuk sekarang jika gagal Latsar CPNS maka tidak bisa diangkat menjadi PNS sehingga otomatis tidak menjadi CPNS lagi (karena masa percobaannya hanya 1 tahun), artinya ketika dalam waktu maksimal 1 tahun tersebut tidak diangkat menjadi PNS maka ia gagal menjadi CPNS, nah salah satu syarat agar diangkat menjadi PNS adalah seorang CPNS harus mengikuti Latsar CPNS.

Baik itu mungkin sedikit overview Latsar CPNS untuk selengkapnya tentang overview Latsar CPNS mungkin nanti bisa dibahas di artikel khusus tentang itu.

Baik di sini saya akan mereview sedikit kisah atau pengalaman selama mengikuti Latsar CPNS dan pada kesempatan ini saya akan menceritakan pengalaman hari pertama dan malam pertama di Latsar CPNS.

Tepat tanggal 13 Agustus 2019 kita berangkat ke Gunungsempu, di daerah Bantul pukul 13.00. dalam 1 angkatan (angkatan 17) ada 43 peserta Latsar CPNS. Kita disambut oleh Babinsa dari pihak TNI maupun Polri, pendataan peserta Latsar CPNS kemudian jalan kaki menuju ke asrama, asrama untuk angkatan 17 berada di asrama Kunthi.

Acara sampai sore yaitu menunggu dan pengarahan-pengarahan kemudian makan malam dan dilanjut dengan istirahat. Sayangnya untuk kegiatan lainnya tidak diperkenankan membawa hp jadi tidak ada foto-foto dokumentasinya, mohon maaf.

Baik itu saja mungkin Kegiatan Pelatihan Dasar Atau Latsar Cpns Hari Pertama ini, ke depan sambil belajar juga (karena dengan membaca dan menuliskan ulang materi di sini saya akan lebih ingat), saya juga insyaallah akan menuliskan materi-materi apa saja selama Latsar CPNS dan pengalaman selama menjalani masa Latsar CPNS 2019. Sekian dulu artikel ini sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar