Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Tes Kesehatan Pengangkatan PNS Setelah CPNS Hari Kedua

Lanjut lagi ya di pengalaman tes kesehatan untuk pengangkatan PNS formasi 2018 Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah sebelumnya saya share tentang tes kesehatan hari pertama, sekarang saya akan membagikan pengalaman tes kesehatan untuk hari kedua.

Di hari kedua kita tidak antri lagi, setelah sampai di RS Grhasia, kita langsung menuju ke ruang tumbuh kembang anak. Kita mendapatkan pengarahan terlebih dahulu. Di hari kedua ini, inti dari tes kesehatannya adalah kita akan bertemu dengan psikiater untuk wawancara beberapa hal, kemudian tes kesehatan fisik dengan dokter umum dan terakhir adalah setor urin untuk tes napza.


Setelah duduk sekian lama menunggu panggilan, akhirnya saya dipanggil, masuk ke ruang psikiater 3 dan ada beberapa wawancara singkat, kurang lebih yang ditanyakan oleh psikiater: pernah melihat sesuatu hal ghaib? Pernah ada merasa punya teman yang tidak bisa dilihat orang lain? Apakah akhir-akhir ini istirahatnya tenang? Sering mengalami tindihan? Pertanyaan-pertanyaan semacam itulah yang intinya untuk tes kejiwaan kita.

Selesai ke ruang psikiater saya dipanggil ke ruang dokter umum, pertama di tensi dulu, kemudian masuk ruang dan hanya dibacakan hasil-hasil pemeriksaan yang dilakukan di hari pertama, seperti irama jantung, dan hasil tes darah dibacakan lengkap dan intinya saya sehat alhamdulillah.

Selesai pemeriksaan ke dokter umum, lanjut setor urin untuk pemeriksaan Napza. Tidak sampai 15 menit selesai kemudian cus deh pulang.

Hasilnya? Ini nih yang paling enak, hasilnya langsung dikirim ke BKD provinsi jadi kita tidak perlu repot mengumpulan berkas bla bla bla. Tidak seperti saat pendaftaran CPNS dulu yang memang kita sendiri yang repot (bahkan saya harus bolak-balik 3 hari untuk tes kesehatan saat mau mendaftar CPNS dulu).

Apakah tes kesehatan pemberkasan PNS ini semua lulus? Tidak, ada beberapa teman yang gagal di MMPI, entah karena mengerjakan terburu-buru atau tidak jujur (misal tidak takut gelap, tidak takut api, semua di isi tidak takut dan tidak pernah marah) dll yang intinya tidak wajar, itu yang menyebabkan tidak lulus MMPI). Jadi saran saya yang belum tes kesehatan atau mau tes kesehatan MMPI kerjakan saja apa adanya, sesuai apa yang kita alami atau sesuai kenyataan yang ada pada diri kita. Nah bagi yang gagal itu diminta untuk mengerjakan ulang MMPI dan hanya diberi kesempatan remidi 1 kali saja.

Demikianlah pengalaman saya dalam tes kesehatan untuk pemberkasan PNS. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berlangganan artikel blog saya yaa

3 komentar untuk "Pengalaman Tes Kesehatan Pengangkatan PNS Setelah CPNS Hari Kedua"

  1. terima kasih kak infonya sangat membantu, mau tanya untuk pemeriksaan fisik hari ke 2 yg sama dokter umum itu harus lepas semua pakaian atau tidak ya ?

    BalasHapus
  2. enggak kok, cma diperiksa tekanan darah, berat badan.. sama ditanya2 ada riwayat penyakit apa, terus menjelaskan hasil pemeriksaan di hari 1.. tapi beda daerah mungkin beda pemeriksaannya.. :)

    BalasHapus

Berlangganan via Email