==Script anti copy paste==
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Keaslian Harddisk Eksternal Apakah Asli Atau Palsu

Sobat pasti tau dong apa itu hardisk eksternal? Yups hardisk adalah sebuah komponen pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data atau file, adapun hardisk eksternal adalah komponen hardisk yang letaknya berada di luar perangkat komputer yang dapat di bawa, di hubungkan dan dilepas ke perangkat komputer melalui kabel USB. Ukuran hardisk eksternal yang besar mulai dari 500 GB, 1000 GB atau 1 TB hingga 2 GB menjadikan hardisk eksternal ini menjadi pilihan banyak orang untuk menyimpan atau membackup file-file yang besar. Namun sayangnya harga hardisk eksternal ini tergolong mahal dibandingkan harga flasdisk.


Nah saat ini banyak bermunculan hardisk eskternal yang dijual di toko online dengan harga yang tergolong sangat murah, misalnya dengan kapasitas 1 TB dijual dengan harga 450.000 dengan kondisi baru. Tentu dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran di toko komputer tersebut membuat hardisk eskternal tersebut banyak diburu penjual.

Ada harga ada rupa, itu istilah yang sering kita dengar untuk menentukan kualitas sebuah produk yang kita beli. Lalu bagaimana dengan kualitas hardisk eskternal yang dijual murah di online tersebut? Apakah asli atau palsu? Ada yang menarik di sini, saya pernah menonton sebuah tayanagan video di youtube yang menjadi ‘korban’ dari hardisk eksternal palsu yang ia beli di toko online dengan harga di bawah harga normal pasaran, ternyata isi dari hardisk eskternal tersebut tidak sesuai dengan keterangan, I TB ternyata isinya kurang dari 500 GB, bahkan ada yang setelah dibuka hardisk eskternal tersebut ternyata berisi flasdik dan besi sebagai pemberat hardisk eskternal tersebut, nahh itulah contoh penjual curang yang hanya ingin untung dengan cara yang haram.

Agar sobat tidak tertypu dengan hardisk eskternal palsu, saya akan memberikan tips-tips ketika sobat hendak membeli hardisk eskternal.. oke langsung saja berikut cara cek keaslian harddisk eksternal apakah asli atau palsu:

Lihat Harga Harddisk Eksternal Tersebut
Pakai logika saja, dengan harga yang murah bahkan setengah dari harga dipasaran kemudian kita mendapat harddisk eksternal baru dengan kapasitas 1 TB? Lalu dari mana mereka mendapat untung? Nah pasti ada sesuatu yang dikurangi kualitasnya entah material komponennya atau justru ukuran harddisk eksternal tersebut yang dikurangi, intinya sebelum membeli cek harga pasaran terlebih dahulu kemudian bandingkan dengan harga harddisk eksternal yang ingin kita beli tersebut.

Lihat Review Pembeli
Jika sobat membeli di toko online cek terlebih dahulu review dari para pembelinya, jangan malas membaca review sampai sobat benar-benar dapat menyimpulkan kualitas penjual atau toko tersebut. Jangan percaya pada 1 atau 2 orang yang mereview, tapi lihat banyak review secara acak jika reviewnya banyak, kemudian simpulkan.

Cek Ukuran Hardisk Eksternal tersebut di Laptop/ PC
Jika sobat sudah membelinya segera cek ukuran hardisk eksternal tersebut selagi masih ada masa garansi atau pengembalian jika palsu, caranya gampang buka laptop atau komputer, masukkan atau konekkan hardisk dengan laptop atau komputer, kemudian di my computer klik kanan pada hardisk, kemudian klik properties, disitu nampak ukuran dari hardisk eksternal tersebut.



Cek dengan Hardisk Sentinel
Jika sobat sudah membelinya, selama masih ada garansi segera cek keaslian hardisk eksternal tersebut menggunakan hardisk sentinel untuk mengetahui kesehatan dari harddisk eksternal apakah ada bad sector atau tidak. Tutorial cara cek keaslian hardisk eksternal dengan aplikasi hardisk sentinel dapat dilihat di artikel cara cek keaslian hardisk eksternal dengan hardisk sentinel.

Cek dengan Aplikasi HD TUNE
Selain menggunakan Hardisk sentinel, kita juga dapat cek kesehatan dan status harddisk eksternal dengan HD Tune, caranya dapat dilihat pada artikel cara cek kesehatanharddisk eksternal dengan HD Tune.

Nah itulah Cek Keaslian Harddisk Eksternal Apakah Asli Atau Palsu, semoga dapat menambah pengetahuan kita agar kita lebih berhati-hati ketika membeli hardisk eksternal.
Sobat dapat melihat video berikut ini tentang cara cek keaslian hardisk eksternal

Posting Komentar untuk "Cara Cek Keaslian Harddisk Eksternal Apakah Asli Atau Palsu"

Berlangganan via Email