Home » » Cara Cek Kesehatan Hardisk dan Bad Sector dengan HD Tune

Cara Cek Kesehatan Hardisk dan Bad Sector dengan HD Tune

Cek kesehatan hardisk eksternal sangat penting dilakukan secara rutin, karena seiring usia pakai hardisk eksternal pasti akan menurun kesehatannya. Nah di sini saya akan berbagi tips tentang cara cek kesehatan hardisk eksternal dengan aplikasi HD Tune. Melalui aplikasi HD Tune ini kita dapat cek bad sector pada hardisk. Bad sector adalah kondisi adanya kerusakan pada piringan CD yang terletak di dalam hardisk, sehingga dengan adanya kerusakan tersebut menjadikan hardisk tidak dapat digunakan sesuai dengan banyak atau sedikitnya bad sector.

Pengalaman saya membeli hardisk eksternal second, saya melakukan COD dengan penjual, dan setelah saya membelinya segera saya cek kondisi hardisk tersebut dengan aplikasi HD Tune ini. Nah bagi sobat yang penasaran dengan cara cek kesehatan hardisk dengan HD Tune langsung saja simak penjelasannya.

Langkah  pertama yaitu silahkan download aplikasi HD Tune di sini.
Setelah download, ekstrak filenya dan instal aplikasinya, kemudian ikuti petunjuk pada proses penginstalan. Setelah di instal buka aplikasi HD Tune.


Kemudian pilih lokasi hardiks yang ingin kita cek, ada hardisk pada laptop/ komputer atau hardisk eksternal. Setelah di klik kemudian pilih pada tab health. Di sana ada keterangan kondisi hardisk, jika ada warning segera perbaiki.

Kemudian pilih pada tab error scan, di sini kita akan melakukan pengecekan ada atau tidaknya bad sector pada hardisk eksternal kita. Jika ada banyak bad sector segera back up file- file yang ada pada hardisk eksternal tersebut sebelum ada kerusakan yang lebih parah.


Klik pada kotak quick scan untuk mempercepat proses pengecekan bad sector, atau jika sobat mau sabar menunggu, tidak perlu centang kolom quick scan, sehingga proses penscanannya akan detail.


Tunggu hingga proses penscanan selesai, hasilnya adalah jika hasil scan berwarna hijau maka tidak ada kerusakan atau bad sector pada hardisk, jika ada warna merah maka ada kerusakan atau bad sector pada hardisk eksternal tersebut.

Itulah cara cek kesehatan hardisk eksternal dan bad sector dengan aplikasi HD Tune. Jika sobat ingin lebih detail silahkan lihat pada video berikut ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan di share yaa.

0 komentar:

Posting Komentar