Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Kesehatan Hardisk Eskternal dengan Hardisk Sentinel

Artikel ini menyambung artikel sebelumnya tentang cara cek keaslian hardiks eksternal. Nah di sini saya akan berbagi tips cara cek kesehatan hardisk eskternal dengan menggunakan aplikasi Hardisk Sentinel. Sebelum kita bahas bagaimana cara cek kesehatan hardisk eskternal tersebut, pasti sobat penasaran kan buat apa cek kesehatan hardisk eksternal?

Tujuan dari pengecekan kesehatan hardisk adalah untuk mengetahui status kesehatan dari hardisk tersebut, apakah ada kerusakan seperti bad sector dimana bad sector adalah kondisi di mana ada bagian tertentu pada piringan CD di hardiks tersebut yang rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Semakin banyak bad sector maka semakin banyak kerusakan bagian piringan CD yang tidak dapat digunakan sehingga penyimpanannya semakin sedikit atau bahkan hardisk tidak dapat digunakan lagi. Selain bad sector kita juga dapat mengecek temperatur atau suhu kerja hardisk, jika suhu kerjanya tinggi tentu akan mempengaruhi kondisi kerja dari hardiks tersebut.

Nah baik setelah sobat tau tujuan dari pengecekan kesehatan hardisk eskternal ini menggunakan hardisk sentinel, kita langsung saja bahas bagaimana caranya.

Langkah pertama jika sobat belum punya aplikasinya, unduh terlebih dahulu aplikasi hardisk sentinel di sini.

Kemudian instal di laptop atau komputer anda, lalu buka aplikasi hardisk sentinel. Ketika sobat membuka aplikasi hardisk sentinel langsung muncul tampilan overview hardisk, pilih terlebih dahulu pada hardisk eksternal, kemudian cek di overview nya.


Ada performance dan health, jika healt nya 20% artinya hardisk sobat sudah sakit, semakin tinggi persen pada health maka kesehatan hardisk sobat semakin baik.
Kemudian klik pada temperatur untuk melihat kondisi suhu dari hardisk tersebut.



Selain itu sobat bisa melihat kondisi hardisk eksternal secara keseluruhan pada tab S.M.A.R.T di sana di tampilkan status hardisk eksternal termasuk jika ada bad sector dan ada peringatan berwarna kuning, jika ada maka segeralah untuk memperbaikinya.


Nah itu cara cek kesehatan hardisk eksternal dengan aplikasi hardisk sentinel, semoga artikel ini bermanfaat. Selain menggunakan hardisk eskternal, sobat juga dapat mengecek kesehatan hardisk eksternal dengan aplikasi HD Tune.
Demikianlah cara cek kesehatan hardisk eksternal dengan hardisk sentinel, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Kesehatan Hardisk Eskternal dengan Hardisk Sentinel"

Berlangganan via Email