Home » » Cara Partisi atau Membagi Bagi Hardisk Eksternal Tanpa Aplikasi

Cara Partisi atau Membagi Bagi Hardisk Eksternal Tanpa Aplikasi

Jumpa lagi di blog saya, kali ini saya akan membagikan tutorial cara mempartisi atau membagi hardisk eksternal tanpa aplikasi, namun sebelum kita bahas bagaimana caranya, mari kita pahami dulu apa itu pengertian  partisi hardisk. Jadi partisi hardisk adalah cara untuk membagi hardisk di dalam komputer agar pengelolaan atau manajemen file nya lebih efektif. Jadi fungsi dari partisi hardisk ini adalah untuk membagi – bagi kapasitas atau ruang hardisk sesuai dengan kebutuhan, selain itu fungsi dari partisi hardisk juga untuk mengelompokkan file-file di dalam hardisk sesuai dengan ruangnya masing-masing.

Proses partisi hardisk biasanya akan diakhiri dengan pemberian nama atau label yang pada umumnya berupa huruf A-Z atau label sesuai dengan kebutuhan. Nah partisi yang akan kita bahas di artikel ini adalah partisi untuk hardisk eksternal, jika partisi di hardisk laptop biasanya sudah ada huruf atau label C – D – E, namun bisa juga tutorial ini dipakai untuk mempartisi ulang hardisk yang ada di laptop kita, tapi sobat harus memback up file terlebih dahulu.


Ada banyak aplikasi untuk mempartisi hardisk, namun di sini saya akan berbagi cara mempartisi hardisk tanpa aplikasi sehingga sobat tidak perlu mendownload dan menginstal aplikasi. Nah baik langsung saja kita bahas cara partisi hardisk eksternal tanpa aplikasi, caranya adalah sebagai berikut:

Klik pada star kemudian klik computer.

Kemudian klik kanan pada file computer dan klik “manage

Setelah muncul tab baru komputer managemen kemudian klik Disk Management.

Kemudian pilih hardisk yang ingin kita partisi, ada dua yang atas adalah hardisk komputer saya yang sudah dipartisi C – D- E. Yang di bawahnya adalah hardisk eksternal saya yang akan saya partisi.

Kemudian klik kanan dan pilih shrink volume, sehingga hardisk eksternal tersebut siap di bagi

Masukkan ukuran partisi misal 200 GB maka masukkan 200.000 karena satuannya adalah MB. Ingat ya 1 GB = 1000 MB.

Kemudian akan muncul unalocated hardisk sebesar yang di ketikkan tadi, tapi dikurangi dengan sistem, contoh saya melakukan partisi 200 GB yang muncul di unalocated menjadi 195 GB karena 5 GB dipakai oleh sistem. Kemudian klik kanan pada unalocated tersebut dan klik new simple volume.

Kemudian klik next saja terus sampai jika ada pilihan volume label, ketikkan label atau nama partisi yang sobat inginkan, misal F – G – H atau nama seperti tutorial atau lainnya. Kemudian klik next sampai selesai sehingga akan muncul partisi hardisk baru pada hardisk eksternal.

Kemudian buat lagi partisi yang lain sampai tidak ada sisa ruang pada hardisk sobat. Misal saya melakukan partisi 1 TB pada hardisk menjadi 200 GB, 300 GB, 400 GB, dan sisa sedikit untuk sistem. Demikianlah cara partisi hardisk eksternal tanpa aplikasi, untuk lebih mudahnya silahkan lihat di video berikut ini. Sekian semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan di share yaa..

0 komentar:

Posting Komentar