Home » » Kunjungan Industri Ke PT. Astra Honda Motor Jakarta

Kunjungan Industri Ke PT. Astra Honda Motor Jakarta

Jumpa lagi sob di blog saya, yes kali ini saya ingin menceritakan sedikit pengalaman kunjungan industri yang saya ikuti bersama anak-anak kelas XI TBSM di salah satu industri yang sudah terkenal dengan logo kepakan sayapnya, yups siapa lagi kalau bukan Honda. Kunjungan industri ini adalah salah satu program sekolah yang rutin dilaksanakan setiap tahun untuk siswa kelas XI.

Kunjungan industri ini dilakukan tepatnya tanggal 2 sampai 5 desember 2019 di Jakarta. Sekolah kami terdiri dari 3 jurusan yaitu Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Elektronika Industri, dan jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Semua melakukan kunjungan industri ke Jakarta, hanya saja lokasi industrinya berbeda sesuai dengan jurusan masing-masing.



Berangkat dari Gedangsari tanggal 2 desember jam 13.30 kita menuju Jakarta melalui jalan tol. Istirahat di salah satu rumah makan di daerah kendal sekitar pukul 18.30. Kemudian perjalanan dilanjut lagi menuju asrama haji di Bekasi. Sampai di asrama haji sekitar pukul 2.30 pagi dan dilanjut dengan istirahat karena paginya langsung menuju ke industri sesuai dengan jurusan.

Kita berpisah sesuai jurusan masing-masing, TBSM menuju ke lokasi kunjungan pertama di PT. Astra Honda Motor dan lokasi kedua di PT. Jakarta Teknologi Utama, sedangkan jurusan Elektronika Industri menuju ke PT. Amerta Indah Otsuka – Sukabumi dan ke PT. Yakult Indonesia – Sukabumi, adapun jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran melakukan kunjungan industri ke PT. Sale Stock Indonesia dan ke Pusat Perbelanjaan.



Kami yang jurusan TBSM berangkat dari asrama haji sekitar pukul 07.30 pagi, perjalanan menuju PT. AHM sangat lancar dan kami tiba di lokasi sekitar pukul 09.00. sempat menunggu 1 jam karena pihak industri menerima kami sekitar pukul 10.00. Turun dari bus siswa dibariskan dan menuju ke lokasi PT. AHM untuk menerima materi dan melihat langsung lokasi perakitan motor di PT. AHM Cikarang.


Materi yang disampaikan oleh pihak industri meliputi tayangan video tentang PT. Astra Honda Motor dan teknologi-teknologi sepeda motor Honda. Salah satu materi yang disampaikan bahwa PT. Astra Honda Motor kini (2019) memiliki 4 industri dan salah satunya di Cikarang yang saya kunjungi ini. PT. AHM Cikarang sendiri saat ini hanya merakit sepeda motor untuk tipe matic, sedangkan tipe lain seperti sport, bebek diproduksi di lokasi lain. Sedangkan PT. AHM sendiri memiliki anak perusahaan yang memproduksi part-part sepeda motor. Part-part atau komponen sepeda motor tersebut kemudian di setor ke PT. AHM untuk kemudian dirakit menjadi sepeda motor. Proses perakitannya berupa line yang berjalan, maksudnya dari awal hanya rangka kemudian dipasang mesin, pasang tangki dan seterusnya hingga sampai di ujung yaitu menjadi sebuah sepeda motor utuh yang siap dipasarkan. Semua berjalan dengan rapi, disiplin karena line nya bergerak terus sehingga tidak boleh ada mekanik yang ceroboh atau malas-malasan. Kemudian ke 4 pabrik yang dimiliki PT. AHM tersebut mampu memperoduksi sekitar 19.500 sepeda motor setiap harinya. Luar biasa kan?



Bagaimana proses pemasaran sepeda motor Honda? Setelah unit diproduksi di pabrik kemudian sepeda motor di kirim ke main dealer (ada di setiap provinsi), dari main dealer ini kemudian sepeda motor di kirim ke dealer sepeda motor yang ada di kabupaten atau kota bahkan mungkin di samping rumah kita. Nah sepeda motor Honda ini tidak bisa dibeli langsung dari pabriknya, dan juga tidak bisa dibeli di main dealer. Jadi harus beli di dealer baik resmi maupun dealer non-resmi. Main dealer ini tempat untuk kulakan seandainya sobat mau buka dealer Honda maka kulakannya di main dealer.

Setelah puas mendengarkan paparan kemudian kita diajak melihat proses perakitan sepeda motor Honda tipe matic dengan merk Beat (lokasi di PT. AHM Cikarang). Tentu kamera dilarang beroperasi di sini. Tapi intinya anak-anak diajarkan bagaimana kondisi kerja di pabrik perakitan Honda ini, mulai dari kedisiplinannya, daya tahan tubuhnya juga harus kuat karena bekerja dengan berdiri terus dengan kondisi pabrik yang panas. Juga harus selalu fokus karena line berjalan terus sehingga kurang fokus saja bisa buyar pekerjaannya. Setiap mekanik memiliki peran yang berbeda-beda dan semua penting.

Setelah puas berjalan sekitar 2 KM melihat proses perakitan sepeda motor kemudian kita kembali ke ruang aula mendengarkan paparan lagi dan pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang salah satu pertanyannya adalah tentang proses perekrutan karyawan, di jawab bahwa proses rekrutmen karyawan PT. AHM dilakukan secara online dan infonya selalu di update di website satu hati yang mana semua sekolah binaan PT. AHM pasti mendapat akun, asalkan update info pasti semua sekolah binaan PT. AHM mengetahui informasi perekrutan karyawan.

Selesai kunjungan kita foto-foto dulu dan kembali ke bus dan lanjut ke lokasi kunjungan industri ke 2 di PT. Jakarta Teknologi Utama. Yak itulah cerita singkat kita kunjungan ke PT. AHM Cikarang. Semoga bermanfaat yaa.

0 komentar:

Posting Komentar