==Script anti copy paste==
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Soal Online dengan Google Form disertai Token

Cara Membuat Soal Online dengan Google Form disertai Token – Assalamu’alaikum jumpa lagi di blog muryosetyo.com. Nah di saat-saat pandemi virus corona menjangkit bumi kita, mau tidak mau membuat segala aktifitas kita di luar rumah menjadi di batasi, hampir semua orang yang bekerja mengharuskan mereka bekerja dengan sistem WFH alias work from home atau bekerja dari rumah, termasuk mengajar bagi guru. Meskipun tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Nah kali ini saya ingin menyinggung WFH yang berkaitan dengan guru nih, yaitu mengajar dari rumah. Loh apakah bisa? Sangat bisa.. di era digital sekarang ini banyak aplikasi atau media yang dapat digunakan untuk mengajar dari rumah, yang paling simpel misalnya yaitu whatsapp, hingga media pembelajaran online semacam bimbel.muryosetyo.com. Semua itu bisa digunakan untuk mengajar secara online atau WFH bagi guru. Mulai dari mengirim materi hingga menayangkan soal online dengan google form.


Nah ngomong-ngomong, salah satu tugas guru kan mengevaluasi, apakah bisa mengevaluasi siswa yang dilakukan dengan jarak jauh? Sangat bisa, pakai saja soal online menggunakan aplikasi yang sangat familiar yaitu google form. Kelebihan google form ini yaitu kita tidak perlu instal apapun, sangat ringan diakses, mudah dibuat, dan banyak fitur yang bisa kita kembangkan. Ini tidak lain karena google form sendiri merupakan aplikasi dari google.

Salah satu fitur yang mungkin banyak orang belum ketahui dari google form nih yaitu kita bisa membuat soal online yang disertai dengan Token. Berikut caranya:

Buka di google ketikkan google form login. Jika google sobat sudah login ke gmail maka akan otomatis masuk ke pembuatan form baru. Jika belum masuk ke akun google maka akan diminta untuk login ke akun google terlebih dahulu.


Kemudian isikan judul soal dan instruksinya. Setelah itu klik tanda plus untuk membuat pertanyaan baru.

Buat pertanyaan pembuka untuk identitas misalnya nama, kelas, untuk nama bisa menggunakan jawaban singkat, dan untuk kelas bisa menggunakan centang. Kemudian jangan lupa masing-masing pertanyaan tersebut di centang wajib diisi.


Kemudian tambahkan lagi pertanyaan dan isi dengan TOKEN dengan jenis pertanyaan jawaban singkat. Token bisa disetting angka atau tulisan. Kemudian jawabannya diketikkan terlebih dahulu di formnya.


Bagian pembuka (identitas peserta selesai) dan pisahkan bagian 1 dengan bagian 2 (yang berisi soal) dengan cara klik = (tambahkan bagian) maka kita akan di bawa ke bagian baru. Nah isikan soal di bagian ke dua ini.


Ada beberapa metode dalam mengisi soal, sobat bisa mengetik di formnya atau langsung copy paste saja dari word atau file soal yang sudah sobat buat.
Oya sebelum mengisi soal, terlebih dahulu kita setting formulir ini agar menjadi soal, caranya klik gambar gear kemudian akan muncul pop-up dan klik Kuis.



Centang jadikan ini sebagai kuis, dan semua pilihan di bawahnya dicentang kecuali jawaban yang benar. Karena responden tidak diperkenankan untuk melihat jawaban yang benar setelah selesai mengerjakan, kenapa? Nanti mereka akan membocorkan jawabannya ke temannya yang lain. Kecuali jika soal tersebut dibuat untuk pembelajaran bukan untuk evaluasi atau tes, siswa boleh saja melihat jawaban yang benar.


Klik kunci jawaban untuk setting jawaban mana yang benar dan untuk setting skor yang diperoleh siswa jika menjawab pertanyaan dengan benar.


Klik jawaban yang benar, masukkan skor siswa jika menjawab benar kemudian klik selesai. Dan jangan lupa klik juga wajib diisi.


Lakukan langkah tersebut sama sampai soal terakhir sobat. Kemudian jika sudah selesai semua soal. Klik kirim di sebelah kanan atas. Lalu akan muncul pop-up dan klik simbol link, kemudian centang perpendek URL. Nah copykan URL ini dan bagikan ke siswa untuk mengerjakan. Sobat bisa merubah nama URL dengan bit.ly. tutorialnya insyaAllah akan kami bagikan di artikel berikutnya.


Terakhir, jika siswa sudah mengerjakan soal, dan kita ingin melihat hasil pekerjaan siswa silahkan klik respon dan buka dengan spreadsheet. Tralaa akan muncul siswa-siswa yang sudah mengerjakan soal beserta skornya.

Gimana sob? Gampang kan? Jangan lupa share artikel ini agar yang lain juga tau. Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Soal Online dengan Google Form disertai Token, semoga bermanfaat. Oya jika soal google form nya ini mau disetting agar muncul timernya (kayak ujian nasional) sangat bisa, baca artikelnya di cara menjadikan google form bisa di timer atau waktu. Sekian!

video tutorial selengkapnya:

Berlangganan via Email