Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Soal Online Google Form dengan Batasan Waktu atau Timer

Cara Membuat Soal Online Google Form disertai Timer atau Waktu – Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar bagaimana cara membuat soal online dengan google form yang disertai Token. Nah artikel ini adalah step lanjutan dalam membuat soal online di google form yang disertai dengan timer atau waktu mundur. Apa fungsi timer atau waktu pada soal online ini? Mungkin sobat pernah mengikuti ujian berbasis komputer atau CBT, di sana pasti ada timer atau waktu mundurnya kan? Di mana waktu tersebut untuk membatasi peserta ujian atau siswa dalam mengerjakan soal. Jika tidak di batasi maka siswa bisa mengerjakan berjam-jam atau bisa saja jika waktunya tidak dibatasi maka siswa bisa mencontek di buku karena waktunya yang “bebas”. Namun jika waktunya di batasi maka siswa akan lebih fokus untuk mengerjakan soal karena di batasi waktunya, jika waktunya habis maka soal akan tertutup.


Soal online menggunakan google form yang disertai timer atau waktu ini bisa digunakan untuk ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), ulangan, dan sebagainya secara online, terlebih di saat siswa belajar dari rumah karena pandemi corona sebagaimana yang kita bahas pada artikel sebelumnya. Karena UTS maupun UAS harus tetap dilaksanakan, maka ujian online dengan google form yang waktunya di batasi ini bisa menjadi solusi.

Baik langsung saja kita menuju ke langkah-langkah cara membuat soal online google form disertai timer atau waktu. Berikut caranya:

Buka soal yang telah sobat buat dengan google form, kemudian di pojok kanan atas klik titik tiga kemudian klik add-on. Kemudian akan muncul jendela pop-up.


Akan muncul pop-up G suite marketplace, gunakan pencarian telusuri aplikasi dan ketikkan “TIMIFY.ME” kemudian klik cari. Jika sudah ketemu silahkan instal TIMIFY.ME.


Ikuti langkah langkah penginstalan timify, gunakan akun google untuk proses instal timify. Kemudian jika sudah selesai proses instal. Pada langkah kedua klik selesaikan penyiapan tambahan sekarang. Dan klik selesai. Akan muncul new tab pada browser sobat yang menuju ke link pendaftaran TIMIFY.


Setelah muncul tab baru pendaftaran TIMIFY silahkan daftar dengan akun google sobat. Lakukan pendaftaran sampai selesai lalu akan muncul token dari TIMIFY. Silahkan copy token tersebut.


Kembali ke soal google form sobat, klik pengaya. Kemudian klik Timify.


Pastekan token yang dicopy tadi ke dalam kolom dan klik connect.


Klik enable pada timify

Klik public form link, kemudian aktifkan atau geser pada tulisan open-self registration kemudian klik edit default setting untuk mengatur waktu (timer) yang diinginkan misal 120 menit, berarti soal google form akan terhitung mundur 120 menit.


Kemudian copy link yang ada di public form link, link tersebut dibagikan ke siswa.
Ketika siswa tersebut membuka link, maka siswa akan diminta untuk memasukkan emailnya di TIMIFY. Setelah siswa memasukkan emailnya kemudian siswa akan mendapatkan link di email masuknya. Jadi siswa diminta untuk buka email karena link soal yang sesungguhnya akan dikirim ke email siswa oleh pihak TIMIFY.


Setelah siswa membuka email dari TIMIFY, disana ada link menuju ke soal, siswa tinggal klik link tersebut dan soal pun terbuka dengan timer.

Selesai, gimana? Gampang kan? Silahkan lihat tutorial lengkapnya di youtube berikut ini. Jangan lupa di share agar semakan banyak guru yang bisa membuat soal dengan timer di google form. Semoga bermanfaat.

Video Tutorial lengkapnya liat sini sob:

Berlangganan via Email