==Script anti copy paste==
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perpanjang STNK Motor Melalui Aplikasi SAKPOLE Jawa Tengah

Cara Perpanjang STNK Motor Melalui Aplikasi SAKPOLE Jawa Tengah – assalamu’alaikum sob jumpa lagi di blog saya, oke langsung saja kali ini saya akan membagikan tutorial cara perpanjang STNK motor secara online melalui aplikasi SAKPOLE milik Samsat Jawa Tengah. Perpanjang STNK secara online ini tentu akan mempermudah sobat dalam mengurus STNK karena dapat memangkas waktu pengurusan di samsat. Tapi sebelum kita bahas bagaimana cara mengurus perpanjangan STNK secara online melalui aplikasi Sakpole ini, akan saya ceritakan sedikit kronologi kenapa saya melakukan perpanjangan STNK online melalui aplikasi Sakpole.


Jadi ceritanya motor saya kan berasal dari Pekalongan - Jawa Tengah, sementara saya tinggal di Yogyakarta, nah dari pada saya mengurus perpanjangan STNK di Pekalongan yang tentu jauh dan membutuhkan waktu serta biaya mudik, maka saya berinisiatif untuk melakukan perpanjangan STNK di kota lain di Jawa Tengah yang dekat dengan tempat tinggal saya, maka saya pilihlah Klaten sebagai lokasi untuk perpanjangan STNK motor saya itu, karena sama-sama Jawa Tengah. Setelah baca-baca di om google ternyata di Jawa Tengah ada aplikasi untuk melakukan perpanjangan STNK secara online melalui aplikasi Sakpole yang diluncurkan oleh Samsat Jawa Tengah. Karena itulah saya coba melakukan perpanjangan STNK tersebut melalui online dengan aplikasi Sakpole. Berikut caranya:

Pertama instal dulu aplikasi Sakpole, ada di playstore, untuk pengguna IOS saya kurang tahu karena belum cek.

Setelah instal aplikasi Sakpole, buka aplikasi tersebut dan klik Layanan Online

Setelah itu klik Pembayaran Pajak Kendaraan
  


Baca peraturannya kemudian centang setuju dan klik lanjut


Nah sampai pada tahap 1 yaitu masukkan nomor polisi kendaraan anda (plat motor) dan nomor rangka kendaraan anda, gimana cara tahu nomor rangka? Lihat aja di BPKB atau lihat di sepeda motornya, cari aja di internet letaknya nomor rangka di mana karena tiap merk motor kadang berbeda, punya saya ada di bawah stang kemudi. Setelah nomor rangka di dapat masukkan di aplikasi kemudian klik daftar.


Selanjutnya siapkan foto KTP atas nama motor tersebut atau KTP pemilik motor dan foto STNK. Nanti ada upload fotonya dan jika semua data yang diminta sudah benar tidak ada kesalahan (termasuk nomor plat motor dan nomor rangka) maka akan muncul berapa biaya yang harus kita bayarkan beserta kod bayarnya. Kita bisa membayarkan uang tersebut di Indo*art atau di bank Jateng atau yang lainnya (ada pilihannya).



Saya menggunakan cara pembayaran di Indo*art karena dekat dengan rumah, cara pembayaran di Indo*art melalui alat pembayaran online yang biasanya ada di samping kasir. Melalui alat pembayaran online tadi, silahkan lakukan pencarian di kolom pencarian, ketikkan saja “Sakpole” atau "samsat" nanti akan muncul aplikasi Sakpole. Sobat tinggal masukkan kode pembayarannya, isikan nama dan nomor HP kemudian klik bayar, lalu akan muncul print out nota dan serahkan ke kasirnya dan bayar deh sesuai dengan jumlah tagihannya, dan simpanlah atau fotolah bukti pembayaran ini. Ingat jangan sampai hilang!
Oke sampai sini selesai? Belum! Karena kita baru bayar dan belum dapat STNK nya kan ya??
Cara dapat STNK nya gimana?

Lanjut, masuk kembali ke aplikasi Sakpole di HP sobat, klik pembayaran


Kemudian klik status pembayaran


Di cek status pembayaran ini, masukkan kode bayar yang di dapat di struk atau bukti pembayaran tadi. Klik cari.


Setelah berhasil maka kembali ke menu awal dan klik Bukti bayar dan pengesahan


Kemudian klik Unduh E-TBPKP (bukti bayar) atau unduk E-Pengesahan.


Setelah dapat bukti pembayarannya (berupa file PDF) dan ini di dapat dari aplikasi Sakpole ya, ingat ya ini bukan bukti pembayaran yang dari Indo*art tadi, karena yang bukti bayar di indo*art tadi hanya untuk di upload atau dimasukkan kodenya agar dapat bukti pembayaran di aplikasinya. Nah simpan file PDF bukti pembayaran dari aplikasi Sakpole tersebut.

Setelah itu langkah terakhir berangkatlah ke Samsat Jawa Tengah terdekat dengan tempat tinggal sobat, dan tunjukkan file PDF bukti pembayaran tadi dengan membawa/menunjukkan KTP pemilik motor ke petugas ya (bukan ke tukang parkirnya apalagi calo). Sobat kemudian akan diminta untuk menunggu sebentar untuk proses pencetakan STNK baru, dan.... terbitlah STNK baru dan selesai. Jadi sobat ke Samsat hanya untuk melakukan pencetakan STNK yang telah diperbarui. Mudah kan? Proses ini memang lebih menyingkat waktu, hanya saja kita memang harus teliti di aplikasinya.

Oke sob sekian dulu tutorial  Cara Perpanjang STNK Motor Melalui Aplikasi SAKPOLE Jawa Tengah semoga bermanfaat yaa.

Berlangganan via Email