Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat media pembelajaran animasi dengan powtoon

Media pembelajaran animasi berbasis powtoon bisa sobat jadikan alternatif media pembelajaran untuk menarik minat siswa dalam belajar. Powtoon adalah softwarae online yang digunakan untuk membuat presentasi animasi dan video animasi pembelajaran. Sobat harus konek dengan internet untuk membuat media pembelajaran di powtoon.

Di artikel sebelumnya kita telah membahas cara mendaftar akun powtoon, bagi sobat yang belum memiliki akun powtoon silahkan mendaftar terlebih dahulu. Jika sudah mari kita lanjutkan pembahasan artikel ini tentang cara membuat media pembelajaran animasi dengan powtoon. Kita akan belajar cara menambah backgorund template, menambah teks, animasi, dan lainnya.

Langkah pertama buka website powtoon.com dan silahkan login dengan akun sobat.
Jika sudah login sobat akan di arahkan ke halaman dashboard atau menu utama di powtoon.


Di menu home ada template, import file, dan blank. Template berisi tema-tema powtoon yang bisa sobat gunakan, tinggal edit konten saja. Import file digunakan untuk mengimport file ppt yang akan di jadikan tema untuk powtoon. Sedangkan blank berisi tema kosong.


Ada berbagai macam pilihan temlate yang bisa sobat gunakan, ada template dengan tema remote office, remote learning, digital change management, learning and develoment, dan masih banyak yang lain.


Namun kita akan gunakan template blank, ada 3 pilihan blank yaitu horizontal, square, dan vertical. Semua memilik ukuran masing-masing. Berikut ini adalah halaman projek studio untuk mengedit atau mengisi konten powtoon.


1 Top menu, 2 Toogle Menu, 3 Sidebar menu, 4 Slide video, 5 Work slide, 6 Timeline slide video.

Pilih search scenes yang ada di sebelah kiri, ada banyak pilihan baik yang untuk akun free maupun akun premium.


Selanjutnya sobat tambahkan animasi, teks, dan lainnya. Silahkan di eksplore sendiri.


Untuk mengatur durasi timer muncul dan hilangnya, durasi antar animasi dan teks, sobat bisa mengaturnya di bagian bawah dengan memaju atau mundurkan durasi timernya.


Aturlah timer pada masing-masing slide. Dan ingat, untuk akun free ini sobat hanya diberi waktu atau durasi video maksimal 3 menit, dan tidak bisa lebih dari 3 menit. Sehingga aturlah slide-slide sobat agar durasinya tidak lebih dari 3 menit.

Selanjutnya kita akan memasukkan back sound ke dalam media pembelajaran animasi di dalam powtoon, bagaimana caranya? Silahkan lihat di artikel cara memasukkan back sound ke powtoon.

Untuk memperjelas silahkan sobat bisa lihat di video cara membuat media pembelajaran animasi dengan powtoon berikut ini.



Link kumpulan video membuat media pembelajaran di powtoon.
Membuat media pembelajaran animasi dengan Powtoon Untuk tahap-tahapnya bisa sobat lihat di video channel saya ini, atau link ini:

Baik demikian artikel tentang cara membuat media pembelajaran animasi dengan powtoon Semoga bermanfaat.

Berlangganan via Email