Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Penyederhanaan RPP 1 Lembar di dalam Pendidikan Abad 21 di SMK

Berikut materi desain RPP kejuruan yang disampaikan oleh Dr. Ir. Widarto, M.Pd dalam acara workshop penyederhanaan RPP melalui aplikasi zoom yang dilaksanakan pada tanggal 12 agustus 2020.

Abad 21 mempunyai ciri yang berkaitan dengan perkembangan teknologi digital, internet of things, internet of people, internet of services yang berkaitan dengan perubahan kultur masyarakat (Society 5.0), termasuk perubahan mindset guru. Guru menjadi faktor kunci untuk berinovasi dengan menyiapkan generasi masa depan bangsa, sehingga guru bukan tukang ngajar tapi designer pembelajaran HOTs sebagai berfikir out of the box. Pergeseran dari full time teacher menjadi classroom collaboration: kolaborasi antara guru-guru, guru-siswa, siswa-siswa; teacher center ke student center dgn mengajak siswa untuk berfikir contoh: PBL, PjBL, dll.

Kurikulum 2013 berfokus pada 5 hal yaitu: HOTs (High Order Thinking skills), Gerakan Literasi Sekolah, Kompetensi/ Kecakapan Abad 21 (Collaboration, Communication, Creativity and Innovation, Critical thinking and Problem Solving), Penguatan Pendidikan Karakter, dan penggunaan TIK.

Ciri pembelajaran abad 21 yaitu belajar aktif, karena Yang saya dengar, saya lupa. Yang saya dengar dan lihat, saya sedikit ingat. Yang saya dengar, lihat, dan pertanyakan atau diskusikan dengan orang lain, saya mulai pahami. Yang saya dengar, lihat, bahas, dan terapkan, saya dapat pengetahuan dan keterampilan. Yang saya ajarkan kepada orang lain, saya kuasai.

Agar belajar menjadi aktif bisa dikombinasikan atau digunakan metode seperti membaca, tayangan video, praktek, diskusi, praktek kerja lapangan, dan tutor sebaya yang masing-masingnya memiliki prosentase keaktifan masing-masing seperti yang ditunjukkan pada diagram piramid berikut:

 

Nah desain RPP untuk jenjang SMK disusun dengan urutan sebagai berikut:

 

Menentukan chapter design

Chapter design bertujuan untuk memetakan pemahaman kita terhadap materi-materi dalam suatu bab (mengkonkritkan materi yang akan dipelajari siswa). Langkah-langkah pengembangan chapter design:

  1. Menentukan materi yang akan dibuat chapter design.
  2. Menentukan satu topik bahasan yang akan dibuat learning design.
  3. Membuat peta konsep atau mind mapping dari materi tersebut

Contoh chapter design


Menyusun Lesson/ Learning Design

Learning design sedikit berbeda dengan RPP pada umumnya, tetapi esensinya sama. RPP berfungsi untuk memfasilitasi siswa belajar secara klasikal. Learning design dibuat untuk memikirkan bagaimana siswa belajar dari awal sampai akhir untuk mencapai tujuan. Dalam membuat learning design kita memposisikan diri sebagai siswa, bukan sebagai guru.

Langkah-langkah mengembangkan learning design

  1. Menentukan satu topik bahasan (chapter design) yang akan dibuat learning design.
  2. Membuat tabel yang terdiri dari 3 kolom pada kertas manila.
  3. Menarik garis dengan spidol berwarna dimulai dari pojok kanan atas sampai pojok kiri bawah menggunakan tangan kiri.
  4. Daerah di atas garis merupakan bantuan dosen untuk kegiatan mahasiswa, sedangkan daerah di bawah garis merupakan prediksi dosen tentang kegiatan mahasiswa.
  5. Menentukan tujuan dari pembelajaran
  6. Mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh mahasiswa yang kesulitan dalam belajar.
  7. Menentukan kondisi mahasiswa yang kesulitan belajar di akhir pembelajaran.
  8. Medesain kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan awal, membuat sharing task dan jumping task

Contoh template learning design




Nah demikianlah artikel materi desain penyederhanaan RPP 1 lembar semoga bermanfaat. dan terimakasih untuk Bapak Dr. Ir. Widarto, M.Pd atas materinya ini semoga bermanfaat.

Materi kedua bisa dilihat di Langkah penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS untuk kejuruan dan materi ketiga .strategi pembelajaran kejuruan di era new normal.

Posting Komentar untuk "Desain Penyederhanaan RPP 1 Lembar di dalam Pendidikan Abad 21 di SMK"

Berlangganan via Email