Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Dokumen dan Alur Pendaftaran Seleksi CASN CPNS dan PPPK Formasi Tahun 2021

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tahun 2021 akhirnya dibuka, Badan Kepegawaian Negara telah mengumumkan persyaratan dan alur pendaftarannya. Bagi Anda yang ingin melamar CPNS atau PPPK tahun 2021 ini silahkan perhatikan syarat dan alur pendaftaran berikut ini.



Syarat Dokumen Pendaftaran CPNS PPPK

Sebelum mendafatar CASN untuk CPNS ataupun PPPK, baiknya Anda persiapkan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar CPNS dan PPPK formasi 2021. Berikut ini dokumen-dokumen yang harus disiapkan:

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas  Kependudukan dan Catatan Sipil
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Pas foto
  6. Swafoto/selfie
  7. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar

Ringkasan Alur Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Secara ringkas, berikut ini alur pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2021

Akses portal SSCASN di sscasn.bkn.go.id, website tersebut untuk melihat informasi pembukaan seleksi CASN yang terdiri dari CPNS dan PPPK tahun 2021 dan untuk memilih menu di SSCASN

Buat akun di menu registrasi. Caranya dengan pilih menu Registrasi, masukkan NIK dan No. Kartu Keluarga atau NIK Kartu Keluarga. Lengkapi data beripa nama tanpa gelar, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, email, nomor hp, password, dan pertanyaan keamanan.

Login ke menu sscasn.bkn.go.id menggunakan akun NIK dan password yang telah di daftarkan

Daftar instansi. Caranya lengkapi data pribadi dan lengkapi data pada kolom yang telah disediakan. Pilih jenis seleksi, instansi, jenis formasi, pendidikan, dan jabatan. Upload dokumen dan cek resume, cetak kartu informasi akun, cetak kartu pendaftaran akun.

Verifikasi. Pada tahap ini tim verifikator instansi akan melakukan verifikasi dokumen Anda. Anda yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu peserta ujian yang digunakan untuk proses seleksi selanjutnya

Masa sanggah. Pada tahap ini pengajuan sanggahan Anda terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi maksimal 3 hari. Instansi melakukan verifikasi terhadap sanggahan paling lama 7 hari dan mengeluarkan pengumuman hasil sanggah

Tes seleksi. Pada tahap seleksi, Anda yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti tes seleksi di tahap berikutnya

Hasil seleksi. Ini lah hasil akhir dari seluruh rangkaian seleksi, yaitu panitia seleksi CASN 2021 akan mengumumkan informasi kelulusan Anda.

Untuk tata cara pendaftaran secara detail silahkan lihat pada artikel berikut Proses Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Lengkap. Silahkan dishare dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Syarat Dokumen dan Alur Pendaftaran Seleksi CASN CPNS dan PPPK Formasi Tahun 2021"

Berlangganan via Email